Mengenal Greg Abel, Successor Berkshire yang Disebut Jadi Kandidat Pengganti Warren Buffet

Greg Abel bakal Gantikan Warren Buffett Illustration Bisnis Muda - Pinterest

Greg Abel bakal Gantikan Warren Buffett Illustration Bisnis Muda - Pinterest

Like

Warren Buffett telah puluhan tahun memimpin perusahaan multinasional Berkshire Hathaway. Namun, kini ia sudah bersiap untuk rehat dan mempercayakan Greg Abel untuk menggantikan dirinya sebagai orang nomor satu di Berkshire Hathaway nih, Be-emers.

Seperti yang dilansir dari The Guardian, miliarder Warren Buffett telah mengkonfirmasi bahwa Greg Abel, bakal menggantikannya sebagai kepala eksekutif.

Keputusan pria berusia 90 tahun tersebut sempat diejek nih sama mitra bisnis lamanya, Charlie Munger, pada pertemuan tahunan perusahaan pekan lalu. Meski begitu, Buffett mengatakan saat itu, para direksi sepakat ika sesuatu terjadi pada saya malam ini, Greg yang akan mengambil alih Berkshire Hathaway besok pagi.

Selama memimpin Berkshire Hathaway, Buffett yang juga seorang investor dan filantropis tersebut diketahui telah mengumpulkan kekayaan US$ 100 miliar. Berkshire Hathaway sendiri memiliki saham di berbagai perusahaan, mulai dari Apple Inc., perusahaan kereta api, hingga pembuat baterai Duracell dan es krim Dairy Queen.

Buffett memang telah “menggoda” investor tentang rencana suksesi Berkshire Hathaway selama bertahun-tahun.


Di satu sisi, sebenarnya sejak 2012, Buffett mengungkapkan bahwa dewan direksi Berkshire Hathaway telah mengidentifikasi CEO perusahaan berikutnya dan mengatakan itu adalah seseorang yang sangat mereka dikenal.

Lalu, sebenarnya siapa sosok Greg Abel?

Baca Juga: Begini Kata Warren Buffet Soal Kesalahannya di Berkshire Hathaway, Hingga Investasi Saham Teknologi

 

Greg Abel bakal Gantikan Warren Buffett Illustration Bisnis Muda - Pinterest

Greg Abel bakal Gantikan Warren Buffett Illustration Bisnis Muda - Pinterest

 

Sekilas Tentang Greg Abel

Nama Greg Abel langsung menjadi sorotan, seiring dengan pernyataan Warren Buffett, terkait penggantinya sebagai orang nomor satu di Berkshire Hathaway.

Nah, sebenarnya pria bernama lengkap Gregory Edward Abel itu sudah menjabat sebagai CEO dan memimpin anak usaha Berkshire Hathaway, yakni Berkshire Hathaway Energy. Selain itu, Abel juga merupakan wakil ketua operasi non-asuransi Berkshire Hathaway sejak 2018.

Pria lulusan University of Alberta itu, dilansir The Globe & Mail, mengawali karirnya sebagai seorang akuntan di PricewaterhouseCoopers. Kemudian, di tahun 1992, Abel bergabung dengan CalEnergy, perusahaan yang memproduksi listrik panas bumi.

Nah pada 1999, diketahui dari FOX Business, CalEnergy mengakuisisi MidAmerican Energy, sementara Berkshire Hathaway mengakuisisi saham pengendalinya di akhir tahun. Abel pun menjadi CEO MidAmerican Energy.

Hingga di tahun 2014, MidAmerican Energy berganti nama menjadi Berkshire Hathaway Energy nih, Be-emers.

Adapun, Wall Street Journal (WSJ) menyebutkan, Greg Abel juga menjabat sebagai wakil ketua Edison Electric Institute, Bahkan, pria kelahiran 1962 itu juga memimpin sejumlah institusi seperti:
  • Associated Electric & Gas Insurance Services Limited
  • Kraft Heinz
  • Nuclear Electric Insurance Limited
  • Hockey Canada Foundation
  • Mid-Iowa Council Boy Scouts of America
  • American Football Coaches Foundation.

Wuih, keren ya, Be-emers? Menurut kamu, dengan sederet pengalamannya, Greg Abel sudah cocok belum buat menggantikan posisi Warren Buffett?