Sebanding dengan Apa Nilai Harta Gono-Gini Perceraian Bill Gates?

Foto kilas balik Bill dan Melinda sumber:newsmaker.tribunnews.com

Foto kilas balik Bill dan Melinda sumber:newsmaker.tribunnews.com

Baru-baru ini kita dihebohkan dengan berita perceraian Bill Gates dan Melinda Gates. Menjalin hubungan pernikahan selama 27 tahun ternyata tidak menjamin kelanggengan hubungan suatu pasangan.

Senin (3/5/2021) Bill dan Melinda resmi mengumumkan perceraian mereka melalui akun twitter masing-masing. Tidak disebutkan alasan mereka bercerai tetapi ini jelas membuat publik heboh.

Menurut Forbes, Bill Gates dan Melinda memiliki kekayaan senilai US$ 130,5 miliar. Meskipun begitu, aset properti yang mereka miliki dicatat sebagai Aset Properti Komunitas Negara, artinya aset yang didapat oleh salah satu pihak saat pernikahan menjadi milik bersama.

Termasuk jika terjadi perceraian, maka aset mereka harus dibagi 2, jika tidak ada perjanjian pranikah. Masih belum tau dan masih belum dipublikasikan ketentuan pembagian.

Tetapi, jika Bill dan Melinda sepakat dengan hukum di wilayah Washington untuk membagi harta kekayaan menjadi 50:50, maka Melinda setidaknya mendapatkan harta senilai US$ 65,25 miliar atau jika dirupiah kan dengan kurs US$ 1 = Rp 15 ribu nilai nya setara dengan Rp 975 triliun.

Baca Juga: Perpisahan Bill Gates dan Melinda Bakal Jadi Penyelesaian Perceraian Terbesar dalam Sejarah Miliarder?
 

Lalu uang segitu banyak bisa digunakan untuk apa saja?

Membangun 4 juta sekolah

Jika pembangunan awal sekolah kita asumsikan memerlukan dana Rp 200 juta, maka dengan uang Rp 975 triliun kita bisa membangun sebanyak 4.875.000 sekolah.
 

139 Kapal Selam pengganti KRI Nanggala 402

KRI Nanggala 402 yang kemarin baru saja dinyatakan tenggelam merupakan buatan Jerman tahun 1981. Harga terkini kapal selam buatan Eropa sekitar Rp 7 triliun/unit.

Jadi, kekayaan Melinda dapat membeli kurang lebih 139 kapal selam buatan Eropa. Tetapi jika yang dibeli adalah kapal selam buatan asia seharga Rp 4,62 triliun, dapat membelis 211 Kapal Selam.
 

Mampu membiayai pendirian 195.000 Startup

Gojek yang menyandang status sebagai Decacorn pertama di Asia Tenggara, memulai bisnisnya dengan modal Rp 5 miliar. Bukalapak, salah satu e-commerse di Indonesia merintis usahanya dengan modal senilai Rp 80.000.

Ada juga eFisher Startup di bidang perikanan yang memulai usaha dengan modal Rp 400.000. Jika kita mengambil patokan pendirian Startup dengan Modal Rp 5 miliar, maka Melinda Gates dapat membiayai sekitar 195.000 Start Up.
 

Indomie sampai ke Bulan

Harga satu dus Indomie Goreng isi 40 bungkus seharga Rp 150.000, sedangkan tinggi satu dus Indomie ialah 23 cm. Dengan uang Rp 975 triliun kita dapat membeli 6,5 miliar dus Indomie.

Jika dus Indomie kita tumpuk, maka akan mencapai ketinggian 1.495.000 Km. Perlu kita ketahui bahwa jarak bumi ke bulan hanya 384.400 Km, artinya kita bisa bikin 4 menara Indomie sampai ke bulan.

Adapun, masih belum diketahui, apa yang akan dilakukan Melinda dengan uang sebanyak itu. Namun satu yang pasti, Melinda akan tetap memimpin dan melanjutkan Yayasan The Bill and Melinda Gates Foundation.