Ternyata Pemasukan Bill & Melinda Gates Foundation Berasal dari Deretan Perusahaan Ini

Gedung Bill & Melinda Gates Foundation ( Sumber : stl.news )

Gedung Bill & Melinda Gates Foundation ( Sumber : stl.news )

Like

Bill gates dan Melinda Ann menjadi topik hangat di dunia. Mereka mengejutkan publik dengan kabar perceraiannya, setelah hidup bersama selama 27 tahun. Sehingga, banyak masyarakat yang membicarakan kabar perceraian miliarder itu.

Meski bercerai, keduanya tetap akan mengurus Bill & Melinda Gates Foundation bersama. Hal itu disampaikan seiring dengan penyampaian informasi perceraian mereka melalui akun Twitter pada 3 Mei lalu.

Bill & Melinda Gates Foundation merupakan yayasan yang dibangun oleh keduanya pada tahun 2000. Dengan visi untuk membuat dunia serta manusia menjadi lebih baik, Bill & Melinda Gates Foundation mendukung perkembangan berbagai sektor di masyarakat.

Dipimpin oleh Mark Suzman sebagai CEO, Bill & Melinda Gates Foundation memiliki 1.600 karyawan di kantor-kantor yang tersebar di berbagai belahan dunia. Bill dan Melinda turut berperan aktif dalam yayasan sebagai ketua.

Sejak didirikan, Bill & Melinda Gates Foundation telah menghabiskan dana US $54,8 miliar untuk berbagai kegiatan, seperti bidang kesehatan dan pembangunan global. Setiap tahunnya, sekitar US $ 5 miliar dikeluarkan oleh yayasan tersebut.

Dengan jumlah dana yang fantastis itu, dari mana sumber pendapatan yayasan?


Baca Juga: Perpisahan Bill Gates dan Melinda Bakal Jadi Penyelesaian Perceraian Terbesar dalam Sejarah Miliarder?
 

Sumber Pendapatan Bill & Melinda Gates Foundation

Semula, saat yayasan didirikan, Bill Gates memberikan US $20 miliar saham perusahaannya, Microsoft untuk mendanai yayasan. Kemudian, teman baiknya Warren Buffett turut memberikan saham perusahaan Berkshire Hathaway miliknya ke yayasan pada tahun 2006.

Selain itu, Bill & Melinda Gates Foundation menerima dana abadi yang berjumlah lebih dari US $46 miliar. Untuk mengelola dana tersebut, yayasan dibagi menjadi 2 yaitu Bill & Melinda Gates Foundation dan Bill & Melinda Gates Foundation Trust.

Pembagian tersebut untuk memisahkan keuangan yayasan agar lebih terorganisir. Bill & Melinda Gates Foundation menjalankan program serta Bill & Melinda Gates Foundation Trust untuk mengelola dana abadi yang nantinya mendanai program yayasan.

Mengalokasikan seluruh dana pada saham, berikut deretan perusahaan yang mendominasi portofolio saham milik Bill & Melinda Gates Foundation dibawah pengelolaan manajemen investasi Bill & Melinda Gates Foundation Trust.
 

5. Walmart

Sebesar 0.41 persen atau 11.6 juta lembar saham raksasa ritel Walmart (WMT) dimiliki oleh Bill & Melinda Gates Foundation. Dengan jumlah tersebut, saham WMT memenuhi 6.4 persen portofolio Bill & Melinda Gates Foundation dengan nilai US $1.6 miliar.
 

4.Canadian National Railway

Sebesar 2.08 persen atau 13.6 juta lembar saham Canadian National Railway (CNI) dimiliki oleh Bill & Melinda Gates Foundation. Dengan jumlah tersebut, saham CNI memenuhi 7.2 persen portofolio Bill & Melinda Gates Foundation dengan nilai US $1.9 miliar.
 

3.Caterpillar

Sebesar 2.07 persen saham atau 11.2 juta lembar saham Caterpillar dimiliki oleh Bill & Melinda Gates Foundation. Dengan jumlah tersebut, saham CAT memenuhi 10 persen portofolio Bill & Melinda Gates Foundation dengan nilai US $2.6 miliar dan memberi pendapatan dividen sebesar 2.04 persen.
 

2. Waste Management

Sebesar 4.4 persen atau 18.6 juta lembar saham Waste Management dimiliki oleh Bill & Melinda Gates Foundation. Dengan jumlah tersebut, saham WM menyumbang 10 persen portofolio Bill & Melinda Gates Foundation dengan nilai US $2.6 miliar.
 

1. Berkshire Hathaway

Menempati posisi pertama, saham Berkshire Hathaway milik Warren Buffet menyumbang 45.5 persen dari keseluruhan portofolio yayasan. Dengan total dana US $11.8 miliar yang diinvestasikan oleh Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan memiliki 3.15 persen saham atau 42.1 juta lembar saham di BRK.A.

Itulah deretan perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh Bill & Melinda Gates Foundation.

Menurut kamu, pilihan saham Bill & Melinda Gates Foundation Trust udah tepat buat cuan belom?

Baca Juga: 
Sebanding dengan Apa Nilai Harta Gono-Gini Perceraian Bill Gates?