Usai Cerai dari Bill Gates, Melinda Jadi Janda Terkaya Dunia?

Sumber Gambar : Google

Sumber Gambar : Google

Like

Bill Gates dan Melinda Gates menikah pada 1 Januari 1994 di Manele Bay Hotel, Hawaii. Dari pernikahan itu, Bill dan Melinda pun dikaruniai tiga anak, yakni Jennifer Katharine Gates, Rory John Gates, dan Phoebe Adele Gates.

Satu tahun setelah menikah, tepatnya pada 1995, untuk pertama kalinya Bill Gates didaulat menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan US$ 12,9 miliar. Setelah itu, pada 2000 keduanya menggunakan kekayaan mereka untuk membantu orang lain yang kesusahan dengan mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation. 

Organisasi filantropi yang berbasis di Seattle, AS, itu bertujuan untuk memperbaiki sistem kesehatan, mengurangi kemiskinan, memperluas kesempatan pendidikan, serta memberikan akses teknologi.

Pasangan suami istri, Bill Gates dan Melinda Gates, memutuskan untuk bercerai setelah menjalani kehidupan pernikahan selama 27 tahun. Pasangan itu mengumumkan kabar perceraiannya di akun Twitter masing-masing, pada Selasa (4/5) lalu.

Baca Juga: Perpisahan Bill Gates dan Melinda Bakal Jadi Penyelesaian Perceraian Terbesar dalam Sejarah Miliarder?


Bill Gates sendiri merupakan orang terkaya ke-4 di dunia versi Forbes. Harta kekayaan Bill Gates terdaftar oleh Forbes, mencapai US$ 130,5 miliar atau setara Rp 1.883 triliun (Kurs Rp 14.433). Harta sebanyak itu kabarnya berasal dari bisnisnya di Microsoft, yang didirikan sejak 1975.

Sebelumnya, aset terbesar Gates adalah Cascade Investments, sebuah perusahaan induk yang dia buat dengan hasil penjualan saham Microsoft dan dividen yang dijalankan oleh Michael Larson.

Lewat Cascade, Gates memiliki minat dalam real estat, energi dan perhotelan serta saham di lusinan perusahaan publik, termasuk Perkeretaapian Nasional Kanada dan pembuat traktor, Deere & Co.

Menurut aturan di negara bagian Washington, AS, atau tempat Bill dan Melinda tinggal, semua aset yang diperoleh oleh salah satu pihak selama pernikahan dianggap komunal dan biasanya dibagi rata selama perceraian, jika tidak ada perjanjian pranikah.

Meskipun hukum di Washington menyetujui pembagian aset secara adil dan merata, namun menurut pengacara perceraian di firma hukum McKinley AS, Janet George, bisa saja para pihak menyelesaikan harta gana-gini dan tunjangan perceraiannya secara tidak merata.

Saat diwawancarai Forbes, Janet George pun memberikan contoh kasus dari perceraian orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, dengan mantan istrinya, MacKenzie Scott. Ketika bercerai pada 2019 lalu, keduanya tidak membagi kekayaan mereka secara merata. Jeff justru memberi MacKenzie 1/4 dari saham Amazon.

Janet menambahkan, jika Bill dan Melinda justru memutuskan untuk membagi kekayaannya secara merata, maka Melinda pun ditaksir akan memperoleh harta gana-gini sekitar US$ 65,25 miliar atau setara Rp 941 triliun.

Nilai tersebut tentunya lebih besar dari harta gana-gini mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott, yang menerima US$ 59,8 miliar atau setara Rp 863 triliun.

Setelah pembagian harta gana-gini tersebut, Melinda pun bisa menjadi janda terkaya di dunia dan menggantikan MacKenzie yang selama ini memegang gelar tersebut.

Baca Juga: Ternyata Pemasukan Bill & Melinda Gates Foundation Berasal dari Deretan Perusahaan Ini