Susul Petronas, Total Tutup Bisnis SPBU di Indonesia

Logo Total di Marseille (Sumber : Reuters)

Logo Total di Marseille (Sumber : Reuters)

Like

PT. Total Oil Indonesia akhirnya secara resmi memutuskan untuk hengkang dari bisnis bahan bakar ritel. Diketahui sebenarnya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Total sudah tutup sejak tahun 2020 lalu.

Di bisnis SPBU, Total sebelumnya menjual empat jenis BBM, di antaranya Total Performance 90 atau bensin dengan nilai oktan 90 (RON 90), Total Performance 92 (RON 92), Total Performance 95 (RON 95), dan Total Performance Diesel.

Keputusan Total ini menandakan dua perusahaan migas asing akhirnya menyerah berbisnis bahan bakar minyak (BBM) di negara ini, setelah perusahaan migas asal Malaysia, Petronas, memutuskan menutup bisnis SPBU-nya lebih dulu pada 2012 lalu.

Baca Juga: Pertamina Mau IPO? Ini Jejak Rencananya sejak 2010
 

Apasih Penyebabnya Pom Bensin Total Tutup?

Marketing Manager Total Oil Indonesia Magda Naibaho mengatakan, keputusan ini selaras dengan strategi Total secara global, dalam hal manajemen portofolio Total secara aktif. Hal ini sejalan dengan penutupan 18 gerai yang tersebar di Jabodetabek dan Bandung

Walaupun telah menutup SPBU, namun perusahaan tetap menjalankan bisnisnya di Indonesia. Perusahaan migas asal Prancis itu kini kembali ke bisnis awal sebagai penyedia sekaligus distributor produk pelumas dengan merek TOTAL dan ELF.


"Kami tetap berkomitmen untuk terus menyediakan produk dan layanan unggulan di Indonesia, termasuk pelumas dan produk specialty lainnya," jelas Magda.

Total Oil Indonesia merupakan unit usaha dari grup Total, perusahaan asal Prancis. Total beroperasi di 130 negara. PT Total Oil Indonesia telah beroperasi komersial di Indonesia sejak 2003, meski di bidang hulu migas, dan telah beroperasi di Indonesia sejak 1968 melalui Total E&P Indonesie.

Dalam laman resmi perusahaan, Total merupakan perusahaan minyak dan gas dan operator tenaga matahari di global dengan jumlah karyawan mencapai 98 ribu orang. Perusahaan bekerja sama dengan SunPower dan Total Solar dalam menjalankan bisnisnya.

Nonton juga video soal "Franchise Pom Bensin" berikut yuk!
 

Jangan lupa like, comment, subscribe, dan share ke teman-teman kamu ya!