Borong Saham ViacomCBS Hingga Baidu, Siapa Sih Sosok George Soros?

George Soros Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

George Soros Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

Like

Nama George Soros tiba-tiba saja jadi perbincangan di penghujung pekan kedua Mei 2021. Hal itu terjadi seiring adanya kabar bahwa George Soros baru saja memborong saham ViacomCBS hingga Baidu nih, Be-emers.

Menariknya, aksi borong saham yang dilakukan Soros juga terjadi di tengah kehancuran Archegos Capital Management, yang mana merupakan perusahaan milik Bill Hwang.

Dari data Bloomberg, selama kuartal pertama 2021, Soros Fund Management telah membeli saham ViacomCBS hingga Baidu senilai US$351 juta. Rincian pengambilalihan saham ketiga perusahaan tersebut, antara lain:
  • Saham ViacomCBS Inc. dibeli secara blok sebesar US$194 juta
  • Saham Baidu Inc. senilai US$77 juta
  • Saham Vipshop Holding Ltd. senilai US$46 juta, dan
  • Tencent Music Entertainment senilai US$34 juta

Disebutkan, Soros memang sedang memanfaatkan kondisi Archegos Capital yang tengah tertekan. Soalnya, salah satu sumber Bloomberg mengatakan, sebelumnya Archegos Capital jatuh, perusahaan investasi milik Soros tersebut enggak punya saham perusahaan-perusahaan tersebut lho.

Archegos Capital diketahui pernah punya modal lebih dari US$20 miliar lho! Sayangnya, Bill Hwang harus tumbang setelah investasinya di ViacomCBS dan Discovery jatuh.

Hal itu pun akhirnya memicu panggilan margin dari bank global, yang mana menyebabkan penjualan saham dalam perdagangan blok besar nih. Bahkan, kegagalan Hwang diperkirakan bakal merugikan industri keuangan hingga mencapai US$10 miliar lho!


Baca Juga: Bill Hwang, Trader Jagoan yang Harus Kehilangan US$20 Miliar Dalam Dua Hari

Sementara itu, enggak cuma mengambil alih saham ViacomCBS hingga Baidu, Soros juga dikabarkan telah meningkatkan “taruhannya” di Amazon, hingga pengembang properti DR Horton Inc.

Adapun, berdasarkan laporan kuartal manajer investasi dengan aset lebih dari US$100 juta di bursa Amerika Serikat, Soros diketahui memegang US$4,5 miliar ekuitas AS di kuartal pertama 2021 nih.

Lalu, sebenarnya siapa sih sosok George Soros yang ada di balik Soros Fund Management itu?

Lanjut ke halaman berikutnya yuk!