Dogecoin (DOGE) VS Cardano (ADA), Ketika Elon Musk Mulai Beralih ke Kripto Ramah Lingkungan

ADA VS DOGE Illustration Web Bisnis Muda - Canva

ADA VS DOGE Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Saat Elon Musk dikabarkan mulai beralih ke kripto ramah lingkungan, aset seperti Cardano pun mendapat sorotan. Lalu, bagaimana nasib Dogecoin yang juga jadi andalan bos Tesla itu?

Cuitan Elon Musk kerap mempengaruhi pergerakan aset kripto. Sebelumnya, Elon Musk sangat membanggakan Bitcoin (BTC).

Hingga Bitcoin pun melejit dan jadi idola banyak trader, bahkan orang lain yang sebelumnya sama sekali enggak kenal aset kripto. Bitcoin pun mencapai puncak kejayaannya dengan menjadi aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar!

Saking sayangnya sama Bitcoin, Elon Musk bahkan menjadikan aset kripto itu sebagai alat transaksi pembelian mobil Tesla lho. Enggak hanya itu, salah satu orang paling kaya di dunia itu juga melirik Dogecoin.

Aset kripto yang berawal dari meme dan bermaskot Shiba-Inu tersebut juga bahkan rencananya bakal digunakan dalam misi penerbangan SpaceX ke bulan!


Musk juga diketahui bercuit kalau dirinya tengah membantu pengembang DOGE untuk meningkatkan efisiensi sistem transaksinya karena cukup menjanjikan.

Namun, kini Elon Musk juga mulai tergoda dengan aset kripto yang lebih ramah lingkungan. Menariknya, enggak lama usai cuitannya soal perhatiannya terhadap DOGE, Elon Musk tiba-tiba saja mengkritik Bitcoin yang boros energi, Jumat (14/5) lalu.

Elon Musk pun merasa khawatir terhadap dampak negatif dari Bitcoin, baik dari aktivitas penambangan yang menggunakan fosil maupun transaksinya. Enggak tanggung-tanggung, Elon Musk bahkan bakal menghentikan sementara program pembelian mobil Tesla dengan Bitcoin lho!

Baca Juga: Disebut Alternatif Bitcoin, Kripto Baru Ini Klaim Ramah Lingkungan
 

DOGE VS ADA

Gara-gara cuitan Elon Musk yang mengkritik Bitcoin enggak ramah lingkungan, Dogecoin justru jadi mendapat sentimen positif. Pada Jumat (14/5), DOGE sempat melesat hingga lebih dari 30 persen dan mencapai level Rp7.459!

Enggak cuma itu, nilai kapitalisasi pasar DOGE pun diketahui juga ikut melesat 38,07 persen, menjadi US$68,24 miliar nih, Be-emers.

 

ADA Kripto Illustration Web Bisnis Muda - Canva

ADA Kripto Illustration Web Bisnis Muda - Canva



Di sisi lain, aset kripto bernama Cardano (ADA) juga berhasil mencuri perhatian, usai Elon Musk berpaling dari Bitcoin. Pasalnya, Cardano merupakan aset kripto yang menggunakan teknologi lebih efisien, baik dari penambangan maupun transaksi.

Cardano (ADA), dilansir Investopedia, merupakan blockchain pertama di dunia yang sifatnya peer-reviewed nih, Be-emers. ADA juga dikenal sebagai aset kripto Proof of Stake (PoS), yang notabene merupakan mekanisme transaksi mata uang kripto yang dikembangkan dari para pendahulunya yakni Proof of Work.

Dengan kata lain, mekanisme PoS tersebut memungkinkan penambangan berdasarkan jumlah koin yang dimiliki. Sebagai generasi ketiga di dunia kripto, dikutip Block Geeks, ADA punya sejumlah kelebihan seperti:
  • Mampu beroperasi dalam lingkup yang lebih luas
  • Bersifat interoperabilitas dan berkelanjutan

Selain itu, terdapat Ouroboros dalam pusat sistem operasi Cardano, yakni sebuah algoritma yang menjalankan protokol PoS. Alhasil, penggunaan energi dan waktu buat bikin koin ADA yang baru pun bisa jauh lebih efisien deh.

Sementara itu, Dogecoin menggunakan algoritma scrypt, yang mana secara teori lebih mudah dipecahkan ketimbang algoritma Bitcoin. Makanya, penambangan Dogecoin pun juga dinilai lebih relatif hemat listrik.

DOGE sebenarnya mirip kayak Bitcoin, yakni bisa ditambang sendiri. Bahkan, penambang Dogecoin bisa mendapatkan “bonus” kalau bisa ikut menghitung transaksi yang ada di ekosistem DOGE lho.

Adapun, diketahui dari laman Gold Price, harga ADA alias Cardano sudah melesat hingga 1,32 persen ke kisaran level US$2,05 pada perdagangan Senin (17/5) pukul 20:18 waktu New York. Kapitalisasi pasar Cardano pun telah mengalahkan Dogecoin, dengan menempati posisi kelima, yakni sebesar US$66,167 miliar atau sekitar Rp942,85 triliun.

Sementara di waktu perdagangan yang sama, Dogecoin (DOGE) masih bergerak fluktuatif dan terjun 0,38 persen ke kisaran level US$0,49 atau Rp7.050. Kapitalisasi pasar DOGE pun tercatat sebesar US$64,037 miliar atau mencapai sekitar Rp913,95 triliun.

Nah, jadi kamu lebih pilih DOGE atau ADA nih, Be-emers?

Nonton juga yuk video soal "ADU CUAN Bitcoin vs Dogecoin" berikut ini!
 


Jangan lupa like, comment, subscribe, dan share ke teman-teman kamu ya!


Buat kamu yang punya cerita, opini, atau artikel menarik lainnya, yuk daftar dan share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!