Ingin Pasang Panel Surya di Rumah? Nasabah Mandiri Bisa Cicil Lho!

Rumah dengan panel surya ( sumber : freepik )

Rumah dengan panel surya ( sumber : freepik )

Like

Energi listrik sudah melekat dalam keseharian manusia dan memegang peranan penting di era modern ini. Bagaimana tidak? hampir seluruh sektor dan seluruh kalangan masyarakat memerlukan energi listrik sebagai sumber dayanya. 

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa energi listrik yang umum dipakai berasal dari energi fosil. Sayangnya, energi tersebut bukanlah energi yang dapat diperbaharui. Artinya, suatu saat energi fosil dapat habis.

Selain tak dapat diperbaharui, energi fosil juga memberi dampak negatif bagi lingkungan seperti pencemaran dan pemanasan global. Sehingga, menyadari hal tersebut, para pemerintah di dunia tengah mencari solusi untuk mengatasinya.

Alternatif dari energi fosil adalah energi baru dan terbarukan (EBT), salah satunya energi surya atau cahaya matahari. Di Indonesia sendiri, pemerintah menaruh perhatian khusus pada pengembangan EBT melalui Kementerian ESDM dan Dewan Energi Nasional (DEN).

Tak sendiri, pemerintah juga merangkul para pelaku industri untuk turut berpartisipasi dalam mendukung pengembangan EBT. Baru-baru ini, salah satu bank terbesar di Indonesia PT. Bank Mandiri menunjukkan partisipasinya dalam mendukung EBT.
 

Bank Mandiri Sediakan Cicilan Panel Surya

Bank Mandiri menjalin kerjasama dengan PT. Len Agra Energy (LEN), Dewan Energi Nasional (DEN) serta SKK Migas untuk mendorong penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap pada sektor rumah tangga.


Nota kesepahaman atau MoU telah ditandatangani pada 11 Mei lalu. Partisipasi Bank Mandiri ini mengikuti jejak Bank BRI yang telah lebih dulu melakukan kerjasama yang serupa dengan LEN dan DEN pada Januari lalu.

Kolaborasi tersebut sejalan dengan target dari Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang mewajibkan penggunaan PLTS Atap atau panel surya di bangunan rumah tangga minimal 25 persen.

Melalui kerjasama ini, Bank Mandiri nantinya akan menyediakan pembiayaan pemasangan panel surya atau PLTS Atap dengan skema pinjaman tanpa agunan yang murah dan dapat dicicil dengan kartu kredit bagi nasabah mereka.

Melibatkan SKK Migas, kolaborasi Bank Mandiri ini ditargetkan bagi pegawai di lingkungan Kementerian ESDM, Setjen DEN, dan SKK Migas. Meski begitu, skema pencicilan ini juga dapat dinikmati oleh seluruh nasabah yang menerima payroll di Bank Mandiri.

Baca Juga: Asyik, Nasabah Mandiri Bisa Akses Layanan Cuma Lewat WhatsApp
 

Harga dan Skema Pembelian

Untuk dapat melakukan cicilan panel surya, nasabah payroll Bank Mandiri hanya perlu mengisi aplikasi permohonan kredit, serta melengkapi dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP dan NPWP.

Harga paket panel surya yang ditawarkan untuk daerah jabodetabek sebesar Rp20 juta untuk ukuran 1 kWp. Serta paket paling tinggi yang berukuran 5 kWp dapat dibanderol nasabah dengan harga Rp70 juta.

Bagi nasabah yang berada diluar jabodetabek, anda tetap bisa mencicil panel surya di Bank Mandiri dengan biaya tambahan yang berbeda tergantung provinsi. Seperti di Banten Rp2,75 juta, Jawa Barat Rp3,5 juta, Jawa Tengah dan Yogyakarta Rp5 juta, serta Jawa Timur Rp7 juta.

Wah, semakin mudah ya nasabah Bank Mandiri buat beralih ke energi bersih. Kira-kira, bisa enggak ya bank lainnya juga menyediakan cicilan untuk panel surya?