Bisnis Franchise Worth It Enggak Sih???

Sumber Gambar : dreamstime.com

Sumber Gambar : dreamstime.com

Like

Bisnis waralaba atau yang lebih dikenal dengan franchise ini sebenarnya bukan model bisnis baru. Bisnis semacam ini bahkan sudah ada sejak tahun 1930an, di mana saat itu Howard Deering Johnson untuk pertama kalinya memperkenalkan franchising dengan restauran McDonald-nya.

Secara umum, bisnis waralaba merupakan salah satu model bisnis yang berjalan antara pemilik brand atau merek dengan pemodal. Di mana, pemilik brand tersebut memberikan hak untuk menjalankan usahanya termasuk penggunaan merek sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati bersama.

Sedangkan franchise sendiri merupakan istilah bahasa asing dari waralaba. Dengan sistem waralaba, pemilik modal tidak perlu membangun merek dan sistem kerja bisnis dari awal.

Franchise menawarkan sebuah kemudahan berbisnis tanpa perlu lagi pusing melakukan manajemen dagang. Anda tinggal menjalankan usaha dan fokus mencari pelanggan. Akan tetapi, franchise mengharuskan Anda mengeluarkan sejumlah uang setiap periodenya untuk menambah masa ‘kontrak’ brand tersebut.

Pastinya, hal tersebut akan sangat menguras finansial Anda yang seharusnya mencari untung di dalam penjualan atau bisnis yang dilakukan.


Selain itu, franchise tidak membuat Anda menjadi seorang pengusaha yang kreatif. Di satu sisi, Anda memang dimudahkan dengan manajemen dagang yang teratur. Namun, di sisi lain, Anda kesulitan untuk mengembangkan inovasi yang sebenarnya sudah ada di dalam otak. Seringkali ingin dikeluarkan namun hal tersebut bertentangan dengan pakem bisnis yang ada di dalam franchise itu sendiri.

Semua usaha membutuhkan waktu walaupun rentangnya berbeda (franchise lebih diunggulkan karena telah lebih dikenal luas). 

Franchise = Mengelola Usaha Orang Lain + Cepat Dapat Untung + Tak Memiliki Kewenangan
Kelebihan dan Kekurangan Frenchise 

Kelebihan Frenchise : 
  1. Manajemen Bisnis yang Sudah Terbentuk
  2. Memiliki Brand yang Sudah Dikenal
  3. Memiliki Manajemen Keuangan yang Lebih Mudah
  4. Kerja Sama Partner dan Dukungan Franchisors

Kelemahan Franchise :
  1. Dikendalikan Penuh Oleh Franchisor
  2. Adanya Pembagian Keuntungan
  3. Supplier Tunggal Bahan Baku
  4. Reputasi Bisnis Mudah Terpengaruh
Pastikan Anda memahami terlebih dulu tentang bisnis franchise, agar lebih maksimal dalam menjalankanya.

Baca Juga: Berikut 9 Faktor Penting Memilih Franchise