Instagram Users Bisa Hide Jumlah Likes pada Postingan Mereka, Lho!

Instagram Likes Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Instagram Likes Illustration Web Bisnis Muda - Canva


Aplikasi photo-sharing Instagram dan media sosial Facebook, meluncurkan opsi bagi pengguna secara global untuk menyembunyikan jumlah likes pada foto yang diunggah.

Perubahan tersebut akan segera diterapkan setelah melalui beberapa tahun pengujian yang difokuskan pada pengurangan tekanan dalam menggunakan layanan Instagram dan Facebook.

Pengguna Instagram akan dapat menyembunyikan jumlah likes di semua foto yang ada di feed dan timeline mereka. Opsi tersebut akan tersedia di Instagram dalam beberapa minggu ke depan.

Head of Instagram, Adam Mosseri, mengatakan tujuan perubahan tersebut adalah untuk memberi para pengguna kendali pribadi atas pengalaman mereka menggunakan Instagram. Ia mengatakan, pengujian platform untuk menyembunyikan jumlah likes tidak menunjukkan perubahan tertentu dalam kesejahteraan psikologis pengguna Instagram, tetapi membuat opini pengguna menjadi terpolarisasi.

Baca Juga: Aplikasi yang Memudahkan Owner Small Business Kelola Instagram


Likes, yang berbentuk hati di Instagram dan dilambangkan dengan jempol di Facebook, dapat digunakan untuk mengukur popularitas suatu postingan, baik secara pribadi untuk pengguna maupun secara profesional oleh pembuat konten media sosial dan bisnis.

Instagram baru-baru ini menguji dengan memberi beberapa pengguna global opsi untuk beralih, antara menampilkan jumlah likes atau menyembunyikannya. Dalam pernyataan tersebut, perusahaan mengatakan beberapa pengguna menyukainya dan menganggap fitur tersebut bermanfaat, sementara pengguna terganggu karena kehilangan matriksnya.

Mosseri mengatakan dia tidak berharap melihat perubahan signifikan dalam keterlibatan pengguna dari ada perubahan fitur tersebut. 

Selain perubahan fitur likes, Instagram baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk membangun versi aplikasi khusus anak-anak di bawah 13 tahun. Namun, jaksa agung dari 44 negara bagian Amerika Serikat menyerukan agar Facebook membatalkan rencana tersebut.

Baca Juga: Berencana Libatkan Influencer & Content Creator, Snapchat Siap Bersaing sama Instagram Hingga TikTok?