Fitur Baru WhatsApp, Bisa Login di Banyak Perangkat

WhatsApp Illustration Web Bisnis Muda - Google

WhatsApp Illustration Web Bisnis Muda - Google


Baru-baru ini, WhatsApp telah mengkonfirmasi bahwa fitur multi-device yang telah lama menjadi rumor, akan memasuki versi beta publik dalam beberapa bulan mendatang. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses akun mereka hingga 4 perangkat yang terkoneksi dengan 1 akun.

Sebagai aplikasi pesan yang banyak digunakan para pengguna smartphone, WhatsApp kini menghadirkan fitur untuk bisa login di 4 perangkat sekaligus, baik handphone, laptop, PC, maupun tablet, hanya dengan 1 akun.

Selain itu, nantinya pengguna akan tetap bisa mengakses WhatsApp lewat perangkat baru tanpa harus selalu terhubung dengan WhatsApp yang ada di handphone.

Melalui WABetaInfo, CEO Facebook Mark Zuckerberg dan Head of WhatsApp Will Cathcart menyampaikan bahwa mereka akan mempublikasikan beberapa informasi terkait fitur baru yang akan hadir di WhatsApp.

Tak hanya fitur multi-device Zuckerberg juga mengonfirmasi bahwa WhatsApp menambahkan fitur “view once” yang memungkinkan para penggunanya untuk mengirim pesan yang bisa menghilang setelah dibaca atau dilihat oleh si penerima pesan.


Layanan ini juga memperluas fitur “disappearing mode”, yang saat ini memungkinkan pesan dihapus setelah jangka waktu tertentu. Di masa mendatang, fitur ini mungkin akan di upgrade dan memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur ini di tiap chat room.

Zuckerberg memastikan bahwa fitur multi-device ini tidak akan membahayakan fitur end-to-end encryption yang dimiliki WhatsApp untuk pesan yang dikirim antar individu. Ia merasa bahwa pembaharuan ini merupakan tantangan teknis yang besar untuk menyinkronkan seluruh perangkat bahkan ketika handphone-nya mati sekalipun. Namun, ia lega karena timnya telah berhasil untuk menyelesaikan masalah tersebut.

WhatsApp belum mengkonfirmasi kapan fitur view once dan disappearing mode akan diluncurkan, namun Cathcart mengatakan bahwa fitur multi-device akan mulai masuk ke beta publik dua bulan ke depan.

WABetaInfo juga melaporkan bahwa WhatsApp sedang fitur cadangan chat terenkripsi yang dilindungi password, yang akhirnya memungkinkan pengguna untuk mentransfer riwayat obrolan mereka antar perangkat iOS dan Android. Selain itu, ditemukan juga fitur-fitur yang belum resmi dirilis, di antaranya adalah menambahkan kontak menggunakan QR code.

Baca Juga: Instagram Users Bisa Hide Jumlah Likes pada Postingan Mereka, Lho!