Demand Global, Ledakan Perdagangan Ekspor China Dikabarkan Berlanjut Lho!

Ekspor China Meningkat Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Ekspor China Meningkat Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Pandemi memang bikin perdagangan global mengalami tekanan. Namun, ternyata peningkatan perdagangan ekspor dari China dikabarkan terus berlanjut lho!

Bahkan, Bloomberg mencatat, ekspor dari China terus melonjak di bulan Mei 2021 nih, Be-emers. Hal itu rupanya didorong oleh permintaan global yang kuat karena lebih banyak ekonomi di seluruh dunia dibuka.

Dikutip Bloomberg,  pada Mei 2021, ekspor China tumbuh hampir 28 persen dalam dolar dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Ekspor Mobil Indonesia ke Filipina Terhambat Safeguard! Apa Itu?
 

Demand Barang dari China Meningkat

Permintaan luar negeri untuk barang-barang China tetap kuat nih. Soalnya, ekonomi dari Inggris hingga AS sudah mulai pulih dari lockdown selama berbulan-bulan.

Sementara itu, ekspor China ke pasar negara berkembang seperti India dan Asia Tenggara juga meningkat lho. Padahal, di kawasan India dan Asean sedang mengalami kebangkitan wabah Covid-19.


Meski mengalami permintaan dan ekspor yang melonjak, hal tersebut dinilai masih wajar. Jonathan Cavenagh, ahli strategi pasar senior di Informa Global Markets, mengatakan bahwa peningkatan tersebut masih cukup sehat.

Memang sih, ekspor ke AS cenderung melambat. Namun, ekspor dari China ke AS masih tumbuh pada kecepatan yang sehat, yakni sekitar 21 persen.

Sementara ekspor oleh perusahaan India melonjak lebih dari 100 persen untuk bulan kedua secara berturut-turut lho!

Selain itu, ternyata ada pergeseran kategori yang mendorong pertumbuhan ekspor dari China nih. Misalnya, penjualan peralatan rumah tangga dari China cukup naik.

Meski begitu, rupanya ekspor untuk barang tekstil dan kain, yang meliputi masker dan pakaian pelindung, justru turun lebih dari 41 persen. Pengiriman dari China ke Uni Eropa melambat hingga 13 persen.