OJK Tegaskan MotionBanking Sebagai Bank Digital

Peluncuran MotionBanking by MNC Bank Illustration Web Bisnis Muda - Bisnis,com

Peluncuran MotionBanking by MNC Bank Illustration Web Bisnis Muda - Bisnis,com

Like

MotionBanking milik PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) telah resmi menjadi bank dengan layanan digital banking atau perbankan digital, yang disahkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

MNC Bank (BABP) telah meraih izin layanan perbankan digital yang ditegaskan oleh OJK pada webinar “Kolaborasi Bank Digital dan Fintech dalam Menopang Perekonomian Nasional”.

Sejak 21 Mei, BABP telah mendapatkan izin OJK untuk menjalankan aktivitas digital banking atau perbankan digital. Maka, BAPB jauh lebih dulu mendapat izin, jika dibandingkan dengan 7 bank yang sedang mendaftar di OJK.

Ketujuh bank tersebut diantaranya adalah Bank BCA Digital, PT BRI Agroniaga Tbk, PT Bank Neo Commerce Tbk, PT Bank Capital Tbk, PT Bank Harda Internasional Tbk, PT Bank QNB Indonesia Tbk, dan PT Bank KEB Hana.

Dengan adanya konfirmasi dan penegasan OJK dalam menjadikan MotionBanking dari MNC Bank (BABP) dan Aladin milik PT Bank Aladin Syariah sebagai bank digital, maka ada 7 bank yang telah menobatkan diri sebagai bank digital, di antaranya:
  1. MotionBankin (MNC Bank - BABP)
  2. Bank Aladin (BANK)
  3. Jenius (BTPN)
  4. Wokee (Bank KB Bukopin)
  5. Digibank (Bank DBS)
  6. TMRW (Bank UOB)
  7. Jago (Bank Jago)

Dengan adanya izin digital onboarding dai OJK, nasabah MNC Bank bisa membuka rekening secara online tanpa perlu datang ke kantor cabang, sehingga layanan perbankan tidak tergantung pada kantor fisik dan bisa diakses di manapun dan kapanpun.


MotionBanking akan meningkatkan layanannya untuk mengaktifkan fungsi e-money, e-wallet, transfer digital, poin loyalitas, QRIS, pembayaran billing dan pembelian dalam aplikasi, serta menawarkan pelayanan perbankan digital yang lengkap bagi pengguna.

Teknologi credit scoring berbasis artificial intelligence (AI) yang sedang dikembangan MotionBanking, nantinya pengguna akan bisa mengajukan kartu kredit virtual dan fisik secara online, dengan persetujuan yang sangat cepat pula.

Pengguna MotionBanking juga dapat mengajukan cicilan kartu kredit secara digital dalam jangka waktu tertentu setelah transaksi terdaftar di aplikasi. Selain itu, kombinasi rekening tabungan dan kartu kredit dalam MotionBanking, memungkinkan penggunanya untuk membayar cicilan kartu kredit dari rekening tabungan mereka dengan mudah, mengurangi risiko cicilan, serta meningkatkan kualitas kredit dan pengalaman pengguna.

Untuk mengejar target pertumbuhan, MotionBanking akan memanfaatkan ekosistem MNC Group dengan user base yang sangat besar untuk menjadi pengguna dari layanan MotionBanking (BABP) ini.

User base tersebut terdiri atas  lebih dari 9 juta pelanggan TV berbayar yang telah terdaftar, dengan tambahan 3-4 juta pelanggan baru setiap tahun; 63 juta Monthly Active User (MAU) dari layanan Over The Top (OTT) seperti RCTI+ & Vision+; dan 50 persen populasi Indonesia yang menjadi pemirsa TV Free To Air (FTA).

Selain itu, user bace lainnya mencakup 75 juta MAU dari portal berita MNC Group dan 230 juta followers akun sosial media MNC Group yang ada di YouTube, Facebook, hingga TikTok, yang saat ini berhasil mencapai traffic sebesar 45 miliar views.

Koneksi besar MNC Group juga mencakup ke hampir 400 artis dan entertainer papan atas di bawah naungan MNC Group, yang mana para artis tersebut siap menjadi brand ambassador dari MotionBanking.

Baca Juga: Cerita Saham Sepekan: Berkah Sinetron “Ikatan Cinta” dan Persiapan Bank Digital Grup MNC