Produk UKM Terlaris dan Banyak Diminati Masyarakat Indonesia

UKM (Sumber: HarapanRakyat.com)

UKM (Sumber: HarapanRakyat.com)


UKM merupakan salah satu bisnis yang mempunyai minat tinggi di Indonesia. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal dan resiko kerugian yang cukup minim.

Meskipun UKM di Indonesia berkembang dengan sangat cepat, tidak sedikit orang yang masih bingung dalam memilih produk UKM terlaris yang diminati oleh masyarakat. Alasannya pun beragam, mulai kurangnya modal bisnis, tidak menguasai teknik pemasaran produk, ataupun yang lainnya.

Dilansir dari ceklist.id, Indonesia memiliki banyak sekali produk lokal yang cukup menjanjikan jika dipasarkan pada audiens yang tepat. Untuk itu, berikut rekomendasi produk terlaris untuk Anda jadikan inspirasi sebelum memulai bisnis UKM.

 

1. Minuman Kemasan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa minuman kemasan sangat laku di Tanah Air kita yang beriklim tropis ini. Banyak pengusaha UKM yang smencapai titik kesuksesannya dimulai dari menjual minuman kemasan.

Jika Anda memiliki modal yang cukup minim, Anda bisa memulainya dengan membuat outlet kecil yang bisa dibuat dari kontainer ataupun bahan lainnya.


Setelah berjalan beberapa saat dan berhasil menguntungkan, Anda bisa mengembangkannya dengan membuka cafe atau semacamnya.

Memang bukan hal yang mudah dicapai, untuk itu Anda perlu menentukan minuman apa yang cocok dijual di daerah Anda, baik kopi, susu, ataupun yang lainnya. Anda juga perlu mengenalkan produk ke masyarakat agar popularitas cepat meningkat.
 

2. Pakaian

Hingga saat ini, pakaian masih menjadi produk UKM terlaris yang banyak diminati masyarakat. Alasannya cukup sederhana, karena pakaian menjadi kebutuhan sekunder oleh manusia.

Terlebih saat momen hari besar, pakaian akan mengalami penjualan yang cukup signifikan. Selain itu, trend fashion yang sering berganti seiring berjalannya waktu menjadikan bisnis pakaian patut untuk Anda coba.

Untuk permulaan, Anda bisa membuka online shop fashion yang menjual pakaian murah namun berkualitas. Saat ini, banyak sekali produsen pakaian yang menyediakan harga grosir pada pembeliannya. Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk membeli pakaian dalam jumlah banyak.
 

3. Produk Kreatif

Kemajuan teknologi sangatlah berdampak besar pada pengrajin produk kreatif. Jika dahulu hanya bisa menitipkan produk pada toko-toko terdekat, sekarang kita bisa menggunakan internet sebagai media promosi. Sehingga, produk yang dipasarkan bisa menyebar ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

Banyak sekali inspirasi produk kreatif yang bisa Anda jual, seperti tong sampah dari ban bekas, miniatur dengan kaleng bekas, keset dari kain perca dan masih banyak lagi.
 

4. Skin Care dan Kosmetik

Produk skin care dan kosmetik juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk memulai bisnis UKM. Banyaknya produsen skin care akan memudahkan Anda untuk membeli dan menjualnya lagi.

Menurut Menperin Airlangga Hartanto, pasar yang ditargetkan sebagai audiens skin care saat ini menjadi luas, tidak hanya mencakup perempuan saja, saat ini laki-laki juga menjadi target pasar yang potensial untuk industri kosmetik dan skin care.

Untuk permulaan, Anda bisa menjadi reseller yang dijual secara online, baik melalui media sosial, marketplace, atau yang lainnya. Selanjutnya, ketika sudah berkembang Anda bisa membuka outlet dan menetap untuk menjual produk skin care Anda.
 

5. Kuliner

Makin hari, bisnis kuliner memang semakin banyak peminatnya. Bisnis kuliner ini menyumbang 41 persen produk domestik bruto ekonomi kreatif Indonesia dengan nilai 383 triliun rupiah.

Terlebih, saat ini kita juga dimanjakan dengan adanya layanan antar makanan secara online seperti Go Food dan Grab Food. Tentunya, konsumen bisa memesan makanan dengan mudah secara online dan akan diantar ke lokasi konsumen.

Jika Anda memulai bisnis UKM di bidang kuliner, saya rasa Anda wajib untuk bergabung dan bekerja sama dengan layanan antar makanan. Dengan begitu, Anda tidak hanya mengandalkan konsumen yang datang ke tempat Anda saja, melainkan konsumen juga bisa memesan makanan secara online.

Nah, itulah beberapa ide produk UKM terlaris dan banyak diminati masyarakat Indonesia yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi. Apapun produk yang akan Anda pasarkan, pasti akan berkembang dengan modal niat dan konsisten yang kuat.

Baca Juga: 5 Contoh Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan