Lewat SPAC, BuzzFeed Sebentar Lagi Bakal IPO Nih!

BuzzFeed Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

BuzzFeed Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Siapa nih yang suka nonton atau baca BuzzFeed? Kabarnya, media digital asal Amerika itu bakal IPO lewat SPAC lho, Be-emers.

BuzzFeed, media digital yang terkenal dengan artikel populer dan konten Youtube di kalangan anak muda ini dikabarkan sudah tinggal beberapa langkah lagi untuk menjadi perusahaan terbuka nih.

Dilansir The New York Times, BuzzFeed hampir mencapai kesepakatan merger yang akan membawanya melantai di bursa AS. Dipimpin oleh Jonah Peretti, BuzzFeed telah melakukan pembicaraan untuk bergabung dengan 890 Fifth Avenue Partners, dalam apa yang dikenal sebagai kesepakatan SPAC atau perusahaan akuisisi tujuan khusus.

Baca Juga: Wah, Jadwal IPO Bukalapak Terungkap!

 

BuzzFeed Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

BuzzFeed Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

 

Kinerja BuzzFeed

Sebelum mendunia dengan konten-kontennya yang menarik, BuzzFeed pertama kali “menetas” di sebuah kantor kecil di kawasan pecinan New York pada tahun 2006. Dari sanalah, BuzzFeed mulai bereksperimen dalam membuat konten yang dimaksudkan untuk dibagikan di web.


Saat itu, Peretti masih menjabat sebagai Chief Technology Officer di The Huffington Post. Namun, ia lantas memutuskan untuk meninggalkan The Huffington Post, usai dibeli AOL seharga US$315 juta.

Peretti pun lantas memutuskan untuk mengubah proyeknya menjadi perusahaan media yang berdiri sendiri dengan bantuan US$35 juta dari investor nih, Be-emers. Nah, berkat keberuntungan dan kerja keras, BuzzFeed pun kini telah menjadi salah satu media digital dengan pertumbuhan tercepat lho!

The New York Times menyebutkan, BuzzFeed telah berhasil mengumpulkan US$500 juta dengan valuasi US$1,7 miliar! BuzzFeed pun sebagai masa depan media berita!

Meski begitu, rupanya beberapa tahun terakhir ini, BuzzFeed telah meleset dari target pendapatan yang ambisius. Adapun, hal itu ternyata bikin sejumlah investornya gelisah untuk melakukan penjualan.

Nah, apakah BuzzFeed akan semakin besar setelah IPO nanti?