Tesla Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil di China, Ada Apa?

Tesla Car Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Tesla Car Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Lebih dari 285.000 unit kendaraan listrik yang dijual di China, direncanakan akan ditarik oleh Tesla Inc. lho! Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengatasi risiko yang terkait dengan fitur otomatisnya setelah regulator China melakukan penyelidikan.

Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar mengatakan bahwa Tesla akan menarik 211.256 kendaraan Model 3 yang diproduksi secara lokal dan 35.665 yang diimpor, serta 38.599 Model Y buatan China.

Hal yang menjadi penyebab penarikan ini adalah sistem autopilot Tesla yang terlalu mudah aktif selama berkendara, yang berpotensi menyebabkan kecelakaan mobil. Tesla akan meningkatkan sistem autopilot untuk mobil yang ditarik secara gratis.

Berdasarkan data bulan Mei 2021, Tesla mengirimkan lebih dari 275.000 unit Model 3 dan Model Y yang diimpor dan dibuat di China sejak tahun 2019. Sebagian mobil tersebut akan ditarik kembali karena adanya masalah keamanan.

Baca Juga: Tesla Model S Plaid Debut sebagai Mobil Tercepat di Dunia!


Keputusan penarikan tersebut diambil setelah regulator pasar melakukan investigasi terkait kecacatan produk. Beberapa model mobil yang akan ditarik yaitu:
  1. Model 3 impor yang diproduksi antara 12 Januari hingga 27 November 2019
  2. Model 3 yang diproduksi lokal antara 19 Desember 2019 hingga 7 Juni 2021
  3. Model Y yang diproduksi tahun ini hingga 7 Juni

Tesla dikabarkan telah mengalami beberapa kemunduran dalam beberapa bulan terakhir ini, salah satunya adalah adanya sebuah protes pameran mobil Shanghai pada pertengahan April lalu yang menjadi viral..

Dikhawatirkan, kecelakaan yang disebabkan kecacatan tersebut nantinya akan merusak opini publik terhadap perusahaan yang berbasis di California.

Selain itu, pemerintah daerah dan lembaga resmi juga meninjau kepemilikan Tesla di antara staf mereka, yang disebabkan kekhawatiran tentang adanya risiko keamanan kendaraan. Tetapi, berkat lonjakan penjualan Tesla Model Y pada Mei lalu, dapat meredam sedikit kekhawatiran.

Baca Juga: Panasonic Jual Seluruh Sahamnya di Tesla, Ada Apa?