Indonesia Bakal Punya Bank Emas? Seperti Apa Tujuan dan Bentuknya?

Rencana Bank Emas Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Rencana Bank Emas Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Pemerintah Indonesia berencana untuk membangun bank emas nih, Be-emers. Kira-kira seperti apa ya bentuk dan tujuannya?

Sudah sejak zaman mesir kuno, emas menjadi benda yang berharga. Mulai dari berperan sebagai alat transaksi, hingga kini menjadi aset investasi.

Selain itu, emas pun sudah dikenal sebagai salah satu aset aman dan berisiko rendah (safe haven). Belum lagi, semakin digital, emas pun ada yang berbentuk tabungan dan bisa dicicil!

Baca Juga: Selain Emas Fisik, Tabungan Emas Digital Bisa Jadi Pilihan Investasi Milenial

Kini, Indonesia pun dikabarkan bakal punya bank emas lho. Lalu, seperti apa tujuan dan bentuknya?


 

Bentuk Pengembangan dari Tabungan Emas

Selain emas dalam bentuk fisik seperti batangan dan perhiasan, emas pun kini eksis dalam bentuk digital. Emas digital tersebut pun dapat kamu miliki berupa tabungan.

Nah, seiring dengan rencana pemerintah untuk membangun bank emas, hal itu dinilai sebagai bentuk dari pengembangan tabungan emas yang sudah ada saat ini. Bahkan, dikutip dari laman IDX Channel, Pengamat ekonomi Bhima Yudhistira menilai kalau bank emas tersebut bakal lebih terdepan dari sekedar tabungan emas itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui nih, sejumlah platform seperti Pegadaian, financial technology, hingga e-commerce menyediakan layanan tabungan emas. Meski begitu, Bhima pun menyebutkan kalau segmentasi usaha bank emas itu berbeda dengan platform yang selama ini sudah mengusung tabungan emas.

 

Sertifikat Kepemilikan Emas

Bhima juga menyebutkan kalau fungsi dari bank emas nantinya bakal beda dengan tabungan emas yang selama ini kita kenal. Soalnya, secara umum, bank emas atau bullion bank itu 95 persen yang diperdagangkan merupakan sertifikat kepemilikan emas.

Hal itu berkaca pada apa yang diperdagangkan di London Bullion Market Association (LBMA). Dengan begitu, sertifikat emas bisa dipakai untuk jaminan penerbitan kredit untuk publik. Sedangkan tabungan emas, enggak memungkinkan emas yang dimiliki bisa ditransfer.

 

Rencana Bank Emas Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Rencana Bank Emas Illustration Web Bisnis Muda - Canva



 

Pacu Perdagangan Logam Mulia Dalam Negeri

Seperti yang kita ketahui juga nih, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia! Nah, dilansir Bisnis, pembentukkan bank emas di Indonesia juga bertujuan untuk memacu perdagangan logam mulia dalam negeri lho.

Soalnya, berkaca dari negara lain, pembentukan bank emas jadi salah satu strategi besar buat memanfaatkan sumber daya dan masuknya rantai nilai komoditas emas itu sendiri. Dengan adanya bank emas, bakal mendorong perusahaan penambang tembaga dan nikel untuk berinvestasi di smelter domestik.

Alhasil, negara pun bisa cuan dari produk bernilai lebih tinggi dari sekedar ekspor bahan tambang mentah. Dikutip Bisnis, Founder Traderindo.com Wahyu Laksono pun mengatakan bank emas pada intinya dibentuk untuk efisiensi, efektivitas, dan juga produktivitas terkait pengiriman hingga biaya ekspor-impor emas.

Sehingga, enggak hanya pemerintah dan publik, keberadaan bank emas juga dinilai bakal memudahkan pelaku usaha dalam berbisnis emas.


Gimana, kamu sepakat enggak dengan adanya bank emas?