Uji Pertama Mobil Terbang Sukses! Bersiap untuk Transportasi Masa Depan?

AirCar Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

AirCar Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Like

Buat kamu yang suka nonton animasi atau film bertema science fiction, adegan mobil yang bisa terbang seringkali muncul nih. Nah, kali ini, mobil terbang benar-benar ada di dunia nyata dan baru saja lolos uji pertama lho!

Sesuai namanya, mobil terbang tentu saja enggak dirancang untuk sekedar dikendarai di jalan. Mobil terbang atau "roadable aircraft"  ini jumlahnya lebih dari satu lho.

Nah, satu di antaranya baru saja menyelesaikan uji terbang antar-kota pertamanya nih, Be-emers. Pesawat tersebut yakni Klein Vision AirCar.

Dilansir dari The Verge, Klein Vision AirCar merupakan kendaraan dua penumpang yang dirancang Slovakia dengan empat roda, baling-baling pendorong, sayap yang dapat ditarik dengan gaya switchblade, dan ekor teleskopik.

Selain tu, AirCar saat ini didukung oleh mesin BMW 160 hp. AirCar juga punya kecepatan udara tertinggi 118 mph, tapi bakal ditingkatkan menjadi mesin 300 hp yang akan mampu mencapai 186 mph.


Baca Juga: Deretan Percobaan Unik yang Dilakukan di Luar Angkasa!
 

Uji Penerbangan AirCar

Klein Vision AirCar telah melakukan 142 uji penerbangan lho! Minggu ini, dilansir the Verge, AirCar melakukan perjalanan di sekitar bandara internasional Nitra ke bandara internasional di Bratislava.

Sesampainya di Bratislava, Klein Vision AirCar diubah menjadi mobil dan dikendarai di pusat kota.

Menurut Profesor Stefan Klein, penerbangan tersebut telah memulai era baru kendaraan transportasi ganda. AirCar pun dinilai membuka kategori transportasi baru dan mengembalikan kebebasan.

Adapun, harga pasti dari Klein Vision AirCar untuk para pelanggan, hingga kini belum diumumkan secara resmi. Meski begitu harga prototipe tersebut dilaporkan mencapai US$2,3 juta untuk kemudian dikembangkan.

Tertarik buat nyobain mobil terbang? Kira-kira kapan ya mobil terbang ada di Indonesia?