Jeff Bezos Resmi Hengkang sebagai CEO Amazon! Ini Fakta Menariknya

Fakta Menarik Jeff Bezos Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Fakta Menarik Jeff Bezos Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr


Mulai Senin (5/7), Jeff Bezos sudah resmi mundur sebagai CEO Amazon nih, Be-emers. Setelah 27 tahun, kini Bezos berganti peran dengan menjadi Executive Chairman Amazon.

Sudah sejak awal tahun, hengkangnya Jeff Bezos dari jabatan CEO Amazon sudah diumumkan. Andy Jassy pun kini secara resmi menggantikan posisi Bezos sebagai CEO baru di Amazon.

Nah, ada sejumlah fakta menarik lho yang perlu kamu ketahui dari turunnya Jeff Bezos dari tahta CEO Amazon!

Baca Juga: Tahun Terakhir Kepemimpinan Jeff Bezos, Kinerja Amazon Meroket di Kuartal Pertama 2021!
 

Alasan di Balik Pemilihan Tanggal 5 Juli

Tanggal 5 Juli 2021 menjadi hari bersejarah dimana orang nomor satu di Amazon, yakni Jeff Bezos, harus melepas jabatannya sebagai CEO. Menariknya, pemilihan tanggal 5 Juli enggak sembarangan lho.

Soalnya, 5 Juli adalah tanggal yang cukup sentimental bagi Amazon. Tepatnya 27 tahun yang lalu, pada 5 Juli 1994, Amazon secara resmi didirikan.


Dikutip Fox Business, Bezos mengatakan kalau pihaknya memilih tanggal itu karena itu sentimental, terutama bagi dirinya. Di hari itu, Jeff Bezos memulai perjalanan bisnisnya bersama Amazon.

Sejak hari bersejarah itu, Amazon merupakan pelopor pengiriman cepat dan gratis yang memenangkan jutaan pembeli. 
 

Rencana Jeff Bezos Setelah Enggak Jadi CEO Amazon

Di bawah kepemimpinan Bezos, Amazon juga meluncurkan e-reader pertama yang diterima secara massal dan perangkat Echo.

Diketahui sejak Februari 2021, dalam blognya, Bezos mengatakan kepada karyawan bahwa ia berencana untuk fokus pada produk baru dan inisiatif awal yang sedang dikembangkan di Amazon.

Saat Bezos tak lagi menjabat sebagai CEO, ia juga mengatakan kalau dirinya bakal punya lebih banyak waktu untuk proyek sampingan. Salah satunya yakni eksplorasi ruang angkasa Blue Origin.

Bagi Bezos, saat menjadi CEO Amazon, hal itu menjadi sebuah tanggung jawab yang besar dan melelahkan. Dengan begitu, ia pun sulit untuk memperhatikan hal lain.

Baca Juga: Jeff Bezos Bakal ke Luar Angkasa, Seperti Apa Perjalanannya?

 

Jeff Bezos Masih Jadi Pemegang Saham Amazon

Meski sudah enggak jadi CEO, Jeff Bezos masih menjadi pemegang saham terbesar Amazon lho. Fox Business menyebutkan, hal itu pun bakal tetap memberinya pengaruh luas atas Amazon.

Jeff Bezos juga menyebutkan kalau dirinya bakal tetap terlibat dalam inisiatif penting Amazon tetapi juga memiliki waktu dan energi yang saya perlukan untuk fokus pada hal lain seperti Day 1 Fund, the Bezos Earth Fund, dan Blue Origin.

 

Fakta Menarik Jeff Bezos Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Fakta Menarik Jeff Bezos Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

 

Salah Satu Founder Perusahaan Teknologi Dunia yang Terakhir Jadi CEO

Uniknya nih, Bezos merupakan salah satu pendiri terakhir dari perusahaan teknologi besar yang masih menjadi CEO lho, Be-emers!

Soalnya, jika diurutkan, para Founder Google, Oracle, dan Microsoft semuanya sudah mengundurkan diri dari jabatan CEO nih. Meski begitu, Founder Facebook Mark Zuckerberg masih memimpin sebagai CEO hingga saat ini.
 

Kekayaan Jeff Bezos Makin Meningkat Tapi Bayar Pajaknya Sedikit!

Jeff Bezos membuktikan kalau enggak perlu menunggu waktu pensiun untuk bisa menikmati hidup dengan hasil kerja keras. Seperti yang kita ketahui, Jeff Bezos masih menempati posisi sebagai orang paling kaya di planet Bumi ini.

Forbes pun memperkirakan bahwa kekayaannya terus meroket hingga US$196 miliar sejak tahun 1998, saat ia pertama kali muncul dalam daftar orang terkaya di Amerika. Pada Senin (5/7), Forbes mencatat kekayaan Bezos mencapai US$202 miliar.

Sementara itu, Business Insider memperkirakan kekayaan Bezos di 739.489 kali kekayaan pensiun rata-rata orang Amerika lho!

Tercatat, sebagian besar kekayaan Bezos, atau lebih tepatnya 90 persennya ada di Amazon. The Washington Post mengatakan, sisanya, kekayaan Bezos berasal dari perusahaan lainnya, termasuk Blue Origin.

Namun, anehnya, Bezos ternyata membayar pajak penghasilan lebih sedikit! Dari data Internal Revenue Service yang dilansir ProPublica, mengatakan bahwa pada 2007, Bezos, yang sudah menjadi miliarder, enggak membayar pajak federal nih.

Enggak berhenti sampai di situ, di tahun 2011, saat kekayaannya tercatat sebanyak US$18 miliar, Bezos rupanya enggak bayar pajak federal dan bahkan menerima kredit pajak sebesar $4.000 untuk anak-anaknya. Waduh!

Nah, fakta menarik apa lagi yang kamu tahu soal Jeff Bezos?