Cerita Saham Sepekan: Apakah IPO ARCI di Luar Ekspektasi?

Logam Mulia Archi Illustration Bisnis Muda - Image: Archi

Logam Mulia Archi Illustration Bisnis Muda - Image: Archi

Like

Meski pandemi masih menghantui, tapi hal itu enggak bikin langkah sejumlah perusahaan untuk mantap melantai di bursa. Salah satu yang sempat hangat diperbincangkan sejak Juni 2021 yakni IPO PT Archi Indonesia Tbk (ARCI).

ARCI resmi melakukan Initial Public Offering (IPO) pada 28 Juni 2021. Menurut catatan Bisnis, produsen emas ini menerbitkan 1,24 miliar saham baru dan menetapkan harga Rp750 per lembar saham.

Menariknya nih, 95 persen dari saham tersebut bakal digunakan untuk membayar utang! Namun, di saat yang bersamaan, 2,48 miliar lembar saham Rajawali Corpora yang dikendalikan konglomerat Peter Sondakh juga dilepas saat ARCI IPO.

Jumlah tersebut setara 15 persen dari total saham yang dilepas saat ARCI IPO. Padahal, awalnya produsen logam mulia Archi itu menargetkan dana segar Rp3,97 triliun untuk 20 persen dari pelepasan sahamnya saat IPO.

Baca Juga: Cocok untuk Milenial, Lotus Archi Rilis Emas Merah Putih di HUT RI Ke-75


 

Rencana Private Placement

Archi semakin mencuri perhatian para investor manakala ada pihak  yang dikabarkan menyerap 10 persen dari saham ARCI di luar IPO.

Jauh sebelum IPO, pihak Archi Indonesia memang menyatakan berencana untuk melakukan Private Placement. Aksi korporasi itu pun dikatakan paling cepat bakal dilakukan tahun 2022.

Dilansir Bisnis, pihak Archi Indonesia mengatakan kalau private placement merupakan aksi dari pemegang saham pengendali, yakni Rajawali Corpora. Hal itu pun tertuang dalam prospektus Archi Indonesia.

Selain itu, ada pula lock up period selama enam bulan, yang mana selama masa itu pihak Rajawali Corpora enggak boleh menjual sahamnya. Selain itu, selama masa itu, pihak Archi juga ingin meyakinkan investor kalai saham ARCI enggak bakal membanjiri pasar nih.

Adapun, saat IPO, saham ARCI bergerak cukup baik nih. Hingga akhir perdagangan Senin (28/6), saham ARCI menguat 0,67 persen ke level Rp755.

Namun, pada perdagangan Selasa (29/6), saham ARCI terjun hingga -2,65 persen ke level Rp735! Dari data RTI Business, saham ARCI -2,65 persen sepanjang pekan pertamanya melantai di bursa.

Kamu tertarik koleksi saham ARCI?