Tren Gaya Hidup Minimalis, Ini Manfaatnya Buat Keuangan Kamu

Minimalism Illustration - Canva

Minimalism Illustration - Canva

Like

Lewat serial Tidying Up with Marie Kondo di Netflix, metode KonMari jadi perbincangan banyak orang. Dalam serial itu, Marie Kondo mempraktikkan gaya hidup minimalis yang kini jadi tren.

Praktiknya, Marie mencoba buat menyingkirkan barang-barang yang dinilai berlebihan dan enggak terlalu dibutuhkan. Dari sini, lewat gaya hidup minimalis, Marie mencoba buat menyadarkan kita buat menjalani hidup yang lebih memprioritaskan sesuatu daripada menuruti keinginan.

Selain itu dalam bukunya, The Life-Changing Magic of Tidying Up, Marie juga menjalani hidup berdasarkan pengalaman ketimbang kepentingan harta duniawi. Adapun, hal ini lekat banget sama tradisi hidup orang Jepang lho.

Bukan cuma orang Jepang aja, kamu pun bisa memulai gaya hidup minimalis. Soalnya. gaya hidup ini dinilai punya banyak manfaat buat kondisi keuangan kamu.
 

Berkurangnya Biaya Pengeluaran

Konsep hidup minimalis menerapkan pola hidup yang seefisien mungkin. Biasanya, orang yang bergaya hidup minimalis bakal membeli barang yang berkualitas tinggi.

Meski kadang barang berkualitas tinggi membutuhkan kocek yang besar, tapi yang terpenting adalah seberapa awet dan bagusnya barang tersebut. Logikanya, ketika barang tersebut awet, kamu jadi enggak perlu keluar uang sering-sering buat beli barang yang sama.


Misalnya kamu membeli barang yang akan kamu pakai secara daily, seperti tas atau sepatu. Kalau kamu beli barang yang berkualitas rendah, meskipun murah, kamu bakal lebih sering mengeluarkan uang karena barang yang kamu beli enggak awet dalam waktu panjang.
 

Dapat Pemasukan Tambahan

kalau kamu menerapkan pola hidup minimalis, pastinya kamu bakal melakukan hal yang sama kayak Marie Kondo di atas. Kamu akan mulai memilih-milih barang yang kira-kira enggak terlalu berguna buat hidup kamu.

Nah, barang-barang itu bisa kamu manfaatin juga buat dijual lagi. Jika menurut kamu kualitasnya masih baik, kamu bisa menjualnya sebagai barang preloved.

Baca juga: Bisnis Barang Preloved: Dapat Cuan dari Barang Bekas yang Berkualitas
 

Perencanaan Keuangan Kamu Jadi lebih Fokus

Dengan gaya hidup minimalis, kamu yang tadinya selalu menuruti keinginan duniawi, jadi lebih terarah buat mementingkan kebutuhan. Selain itu, kamu juga jadi lebih fokus buat merencanakan keuangan kamu.

Misalnya, kamu jadi lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok dan tabungan masa depan. Nah, hal ini bikin kamu enggak lagi-lagi gampang konsumtif dan bergaya hidup cuma karena gengsi doang.

Pokoknya enggak cuma dompet atau saldo ATM kamu yang tenang, hidup kamu pun bakal jadi lebih rileks. Soalnya kamu bakal lebih selow menjalani hidup tanpa membandingkan diri dengan orang lain.

Yang penasaran sama serialnya di Netflix, tonton dulu nih trailer-nya