P3K (Program Pemberdayaan terdampak Pandemi melalui Kewirausahaan)

Program pelatihan dan Pendampingan

Program pelatihan dan Pendampingan

Like
P3K seperti yang kita ketahui adalah Pertolongan Pertama pada Kecelakaan. Ini artinya adalah pertolongan pertama yang diberikan pada saat pertama terjadi musibah sebelum lanjut diberikan ke pertolongan selanjutnya. Seperti yang kita ketahui dampak dari wabah Corona telah merambah hampir kesemua Negara dan banyak terjadi kerugian tidak terkecuali masalah ekonomi.

Masalah ekonomi ini sangat riskan sekali karena ini berkaitan dengan masalah perut atau masalah keberlangsungan hidup seseorang. Maka dari itu perlu suatu program tanggap darurat. Maka saya bersama Tim membuat Program yang kami beri nama P3K ( Program Pemberdayaan terdampak Pandemi melalui Kewirausahaan).

P3K adalah sebuah program pelatihan  bagi masyarakat yang terdampak selama masa pandemi terutama bagi pemuda tidak mampu, pemuda putus sekolah, penyandang disabilitas terutama didaerah perbatasan yang berdampak dengan memberdayakan Sumber Daya Alam (Komoditi) dan Sumber Daya Manusia yang ada dimasing-masing Desa agar menjadi perekonomian produktif. Baik itu melalui diversifikasi produk atau diferensiasi produk.

Namun, untuk melaksanakan kedua hal tersebut perlu suatu program komplit agar Pelaku Usaha segera bangkit dari dampak Covid 19. Pelaku Usaha harus segera menguasai 4 aspek utama dalam dunia Usaha yaitu Aspek Pemasaran, Aspek Produksi, Aspek Keuangan dan Aspek Organisasi dan Manajemen. Namun sebelum menguasai ke 4 aspek tersebut hal yang paling penting adalah pembangunan karakter/mental Pelaku Usaha tersebut agar mampu bangkit dari bencana dan siap bersaing dipasaran.

Dan hal ini sangat mendesak segera dilaksanakan karena selama masa pandemi ini telah merugikan perekonomian kebawah. Bisa jadi jika tidak segera ditangani maka  angka pengangguran akan semakin tinggi. Apalagi seperti yang kita lihat di media  banyak pihak perusahaan yang telah memberhentikan karyawanya sehingga dikhawatirkan angka kriminalitas akan semakin tinggi.


Tata Cara Pelaksanaan Kegiatan

Media yang di gunakan selama Covid 19 yaitu menggunakan WAG, You Tube, IG, Google Meet dan Zoom Cloud. Jenis Kegiatan yang dilaksanakan;
  1. Emotional Intelegency Development for Covid 19
  2. Sarjana Pengangguran,  Pemuda Putus Sekolah, Penyandang Disabilitas, Masyarakat Perbatasan, Masyarakat Kurang Mampu, Anak-anak Funk, Mantan Narapidana   
  3. Manajemen Pemasaran dimasa Covid 19
  4. Manajemen Produk dimasa Covid 19
  5. Perencanaan Keuangan di Masa Covid 19
  6. Intensive training Digital Marketing