Unik! Tempat Isolasi Terapung akan Dibuat di Makassar

Ship Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Ship Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Baru-baru ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung pemerintah kota Makassar untuk membuat tempat isolasi terapung, lho, dengan memanfaatkan kapal Pelni yang tidak sedang beroperasi karena adanya pandemi Covid-19.

Moh. Ramdhan Pomanto selaku walikota Makassar mengatakan bahwa dirinya sudah meminta bantuan kepada Menhub untuk permohonan izin penggunaan salah satu kapal Pelni agar bisa dijadikan tempat isolasi bagi penderita Covid-19.

Dia mengatakan bahwa dirinya sudah melakukan meeting secara online dengan Dirjen Perhubungan Laut sekaligus menyampaikan usulannya mengenai isolasi terapung yang akhirnya didukung oleh Menteri Perhubungan. 

Ia juga menambahkan, rapat virtualnya dengan Kementerian Perhubungan dan perwakilan PT Pelni itu juga membahas mengenai rencananya yang akan membuat tempat isolasi mandiri bagi para penderita Covid-19.

Nah, isolasi terapung ini merupakan konsep isolasi mandiri pasien Covid-19 pertama di Indonesia, yang bahkan belum pernah dilakukan di kota-kota besar lainnya di luar negeri, lho!


Usai rapat virtual itu, Kemenhub dan pihak PT Pelni akan mengirimkan satu unit kapal lautnya pada 14 Juli mendatang untuk digunakan sebagai isolasi mandiri pasien Covid-19.

Menurutnya, kapal yang disiapkan memiliki daya tampung sebanyak 900 tempat tidur. Kapal ini merupakan kapal penumpang milik PT Pelni yang tidak beroperasi sementara akibat pandemi Covid-19.

Danny menambahkan bahwa mereka telah menyiapkan rencana seperti akan menyusun protap isolasi mandiri, menyiapkan program-program penyembuhan bagi pasien, serta menyiapkan Hepa FIlter di kapal tersebut.

Kapal yang dijadikan isolasi apung ini rencananya akan ditempatkan di sekitar Pantai Losari-CPI, agar pihak Pemkot Makassar mudah mengawasi dan mendistribusi makanan serta obat-obatan bagi pasien positif peserta isolasi mandiri program Makassar Recover.

Dany juga telah berbicara kepada pihak PT Pelni bahwa mereka juga akan melibatkan unsur TNI-Polri di dalam programnya.

Semoga, pembangunan tempat isolasi terapung ini efektif bagi para pasien Covid-19 ya, Be-emers!

Baca Juga: Laju Penularan Covid-19 Makin Tinggi, Pemerintah Tambah Fasilitas Isolasi Terpusat