Sejumlah Pihak Ini Berikan Beasiswa untuk Mahasiswa yang Ingin Jalani Perkuliahan

Gambar Ilustrasi (Canva)

Gambar Ilustrasi (Canva)

Like

Bagi siapapun yang ingin bersungguh-sungguh untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi dalam pelajaran semasa perkuliahan, tentu ada banyak cara untuk mewujudkannya. Salah satunya, yakni dengan mendapatkan beasiswa.

Sudah sejak lama, beasiswa diadakan untuk mahasiwa yang unggul dan berprestasi! Tidak hanya mahasiswa saja, calon mahasiswa yang sebetulnya sangat berprestas tetapi ada kendala dalam keuangannya, beasiswa bisa menjadi solusinya.

Beasiswa biasanya diumumkan seramai mungkin, agar semua calon-calon mahasiswa yang bersungguh-sunngguh bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Tenang saja! Sudah ada beberapa cara untuk kita bisa berkuliah tanpa mengeluarkan uang sedikit pun. Jadi, kita dapat menggunakan beasiswa yang sudah disiapkan dan diberikan kepada calon mahasiswa yang berutung!

Di sisi lain, sudah menjadi kepentingan pemerintah bahkan kepentingan kita semua untuk saling membantu satu sama lain. Nah, kini dari pihak Kemendikbud, hingga berbagai pihak seperti Narasi Tv, juga membuat celengan beasiswa untuk membantu mahasiswa dalm hal pendidikan.


Baca Juga: Walau Ada Beasiswa, Butuh Biaya Berapa Sih untuk Lanjut Kuliah di Luar Negeri?
 

Beasiswa dan Bantuan Biaya Bendidikan Kemendikbud

Dilansir dari Kemendibud “Beasiswa dan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa meliputi beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi secara akademik.

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa selama 1 (satu) tahun anggaran". Pada tahun 2020, di mada pandemi covid-19, beasiswa PPA ditiadakan. Sedangkan bantuan biaya pendidikan mahasiswa meliputi Bidikmisi dan KIP Kuliah yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki potensi akademik yang baik.

Pada tahun 2020, Bidikmisi sudah tidak ada lagi bagi mahasiswa baru angkatan 2020, digantikan dengan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. Meskipun demikian, mahasiswa Bidikmisi tahun sebelumnya (On Going) tetap mendapat bantuan biaya pendidikan sampai lulus sesuai dengan ketentuan.

Selain itu, terdapat juga bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa difabel bagi mahasiswa penyandang disabilitas. Bantuan biaya pendidikan ini diberikan kepada mahasiswa selama masa studi sesuai ketentuan yang berlaku.

Selain itu, pada masa pandemi tahun 2020, terdapat bantuan keringanan pembayaran UKT/SPP yaitu program Bantuan UKT/SPPmelalui PIP Kuliah bagi mahasiswa yang kurang mampu dan terdampak pandemi covid-19. Bantuan ini diberikan pada Semester Gasal 2020/2021.
 

Celengan Beasiswa Narasi

Dilansir dari Narasi.tv. Bantu mahasiswa jalanin kuliah Gerakan tabungan donasi beasiswa bagi mahasiswa S1 yang membutuhkan. Episode Surat Untuk Najwa yang kedua, nih! Narasi bekerja sama dengan Kitabisa bikin program bernama Celengan Beasiswa.

Kami mengajak sebanyak-banyaknya orang untuk mengisi celengan ini yang akan kami salurkan secara bertahap ke mahasiswa yang membutuhkan. Siapa penerimanya?

Untuk kalian, mahasiswa S1 yang punya kebutuhan mendesak terkait dana, entah biaya UKT, SKS, laptop, sampai printilan barang lain yang ternyata memberatkan, kalina bisa mendapatkan beasiswa ini lho.


Nah, kira-kira program beasiswa apa lagi yang oke untuk kita coba ya?