Deretan Artis yang Berkuban, Berat Hewannya Mencapai 1,4 Ton!

Raffi Ahmad and Nagita Slavina (@raffinagita1717) • Foto dan video Instagram

Raffi Ahmad and Nagita Slavina (@raffinagita1717) • Foto dan video Instagram


Berkurban adalah suatu kewajiban bagi seorang muslim jika mampu untuk menjalankannya. Di tengah pandemi, tidak lupa para artis untuk berkurban hewan sapi dan kambing.

Dilansir dari AmalQurban, pengertian Qurban Secara Lengkap, setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah.

Lalu apakah sebenarnya Qurban itu? Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap.

Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat. Kurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.
 

Keutamaan Ibadah Kurban

Dari Aisyah ra, Nabi saw bersabda,

“Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Kurban yang lebih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah Kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) Kurban itu.” (HR Tirmidzi).


Hukum Berkurban

Ibadah kurban hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan). Bagi orang yang mampu melakukannya lalu ia meninggalkan hal itu, maka ia dihukumi makruh.


Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa Nabi saw pernah berkurban dengan dua kambing kibasy yang sama-sama berwarna putih kehitam-hitaman dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelih kurban tersebut, dan membacakan nama Allah serta bertakbir (waktu memotongnya).

Arti sabda Nabi saw, ”ingin berkorban” adalah dalil bahwa ibadah kurban ini sunnah, bukan wajib.
 

Artis yang Berkurban

Berkurban tentu saja tidak memandang siapapun. Selama ia mampu, tentu saja hal itu wajib dilakukan. Tak terkecuali kalangan artis.

Nah, inilah deretan para artis yang berkurban hingga 1.4 Ton beratnya :

1. Nikita Mirzani
Nikita yang dikenal sebagai artis wanita yang pemberani juga ikut berkurban pada lebaran Idhul Adha tahun ini. Nikita Mirzani berkurban hewan sapi yang akan disembeli di Sukabumi.

2. Raffi Ahmad
Raffi Ahmad yang memang dikenal sebagai artis yang selalu berbagi dan dibilang oleh masyarakat adalah sultan Andara. Raffi ahmad membli 10 Hewan sapi kurban dan 10 Hewan kambing kurban. Diantara salah satunya hewan sapi kurban yang bobotnya mencapai 1,4 Ton dan juga di beri nama Bager!

 

Instagram RaffiAhmad

Image: Instagram Raffi Ahmad @raffinagita1717



3. Atta Halilintar
Atta berserta istri yaitu Aurel juga ikut berkurban pada tahun ini. Atta dan sang Istri memborong semua hewan dalam satu kandang sapi dan kambing.

Atta memberikan nama kepada sapinya ialah dipanggil Grandung yang beratnya hingga 1.4 Ton juga.

 

Instagram AttaHalilintar

Image: Instagram AttaHalilintar



4. Rizky Billar
ialah artis muda yang sedang merencanakan pernikahannya dengan Lesti Kejora. Rizky Billar juga berkurban di tahun ini dengan membeli 3 hewan kurban sapi yang diberikan nama Billar, Lesti dan nama gabungan Rizky Billar dan Lesti Kejora yaitu, Leslar.

5. Irfan Hakim
Irfan juga melakukan korban dimasa pandemi ini. Irfan berkurban hewan sapi dengan warna hitam dan diberikan nama Grandong.

6. Ria Ricis
Ria Ricis yang dikenal sebagai youtuber wanita yang subscriber terbanyak setelah Atta Halilintar. Ricis juga berkuban hewan sapi dengan berat mencapai 1,053 Ton yang diberikan nama Sariling (Sapi Ria Ricis Healing).

 

Instagram Ria Ricis

Image: Instagram Ria Ricis



Baca Juga: Cara Alternatif Atur Dana Kurban yang Pas Buat Milenial