Cara Alternatif Atur Dana Kurban yang Pas Buat Milenial

Cows - Canva

Cows - Canva

Like

Dilaksanakan setiap hari raya Idul Adha, berkurban adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim yang mampu. Hewan kurban yang meliputi sapi, kambing, domba, atau kuda, memang cenderung enggak murah.

Meski begitu, hal ini rupanya enggak menghalangi niat baik kamu untuk melaksanakan kurban lho. Buat kamu, milenial yang sudah berpenghasilan, ada alternatif cara mengatur dana kok untuk tetap bisa berkurban.
 

Tabungan Kurban di Bank dan Platform Online

Menabung adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membeli hewan kurban. Memang, menabung bisa kita lakukan lewat media apa saja, tapi biar tabungan kamu aman dan jelas tujuannya, sebaiknya kamu membuka tabungan kurban.

Dengan prinsip syariah, tabungan rencana ini bisa kamu lakukan di sejumlah bank dan platform online terpercaya seperti Kitabisa, Tokopedia, dan Bukalapak. Tabungan kurban ini akan secara pasti disalurkan untuk pembelian hewan kurban dan enggak bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya.

Dikutip dari laman Kitabisa, tabungan kurban ini termasuk mubah atau diperbolehkan. Nah biar niat ibadah kurban kamu dapat terealisasi dengan baik, sebelum menabung, kamu juga perlu menentukan jenis hewan kurbannya.

Soalnya, harga tiap hewan kurban berbeda-beda. Selain itu, harganya juga cenderung naik dari setiap tahunnya. Jadi, kamu bisa pilih hewan kurban yang kira-kira sesuai dengan penghasilan kamu.

 

Beli Kurban Online

Di zaman yang serba canggih ini, hidup kita memang jadi serba dipermudah. Bahkan, berkurban pun bisa dilakukan secara online.

Sejumlah platform menyediakan jasa pembelian hewan kurban secara online. Nah, enggak jarang, mereka menawarkan pembelian hewan kurban sejak jauh-jauh hari dengan harga yang lebih murah nih.

Buat kamu yang punya rezeki lebih, dan merasa enggak perlu membuka tabungan kurban, cara ini bisa juga kamu coba. Sayangnya, dikutip dari Kitabisa, sistem kurban online ini enggak memungkinkan kamu buat dapat hak 1/3 dari daging kurban yang kamu beli.

Namun, enggak masalah dong? Alangkah lebih baik daging kurban tersebut diberikan kepada yang membutuhkan.
 

Arisan atau Patungan Kurban

Kalau ada arisan berlian di kalangan sosialita, arisan untuk berkurban juga ada kok. Sebenarnya sistem berkurban dengan cara ini sama halnya kayak patungan.

Jadi, dalam arisan ini, pesertanya akan patungan secara bergantian buat beli hewan kurban setiap tahunnya. Arisan atau patungan kurban ini tentunya akan meringankan mereka yang niat berkurban, tapi terkendala dana.

Dilansir dari laman Nahdlatul Ulama, berdasarkan syariat, standar maksimal kapasitas berkurban untuk per satu ekor unta dan sapi adalah tujuh orang. Sementara itu, untuk kambing atau domba, hanya sah buat satu orang saja.

Jadi, cara mana yang paling cocok dengan keadaan finansial kamu?

Apapun caranya, selama itu halal dan diniatkan dengan baik, semoga akan berkah ya. Selamat berkurban dan selamat merayakan hari raya Idul Adha, Be-emers.