3 Cara Cerdas Investasi Emas

cara cerdas investasi emas

cara cerdas investasi emas

Like

Apakah dengan memiliki penghasilan tetap dapat membuat hidup terjamin di masa depan? Belum tentu.

Kenapa demikian? Soalnya, pada saat kita berhenti bekerja, penghasilan kita juga akan ikut berhenti, hal ini dinamakan sebagai active income.

Oleh karena itu, mulailah investasi dari sekarang untuk menyiapkan masa depan. Investasi itu ada banyak loh! Salah satunya dapat berupa emas.

Kenapa memilih emas? Soalnya, emas telah dipakai sejak beribu-ribu tahun sebagai alat transaksi dan alat untuk menyimpan kekayaan. Hal ini dibuktikan, tidak hanya seorang individu tapi semua negara juga melakukannya:
  • 78,2 persen cadangan dangan devisa Amerika dalam bentuk emas
  • 20,8 persen cadangan devisa Rusia dalam bentuk emas
  • 2,5 persen cadangan devisa Indonesia dalam bentuk emas atau setara dengan 80,56 ton

Mengapa emas? Sampai saat ini, emas menjadi salah satu pilihan investasi yang di anggap paling aman dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Investasi emas memiliki risiko rendah dan dapat menahan kenaikan harga atau inflasi. Selain itu, emas memiliki nilai yang cenderung stabil dalam jangka waktu panjang.


Kelebihan lainnya emas memiliki likuiditas tinggi sehingga dapat dijual denan cepat. Tujuan dari membeli emas sendiri di antaranya:
1. Menjaga harga dari inflasi
2. Diversifikasi aset
3. Sebagai tabungan pendidikan
4. Tabungan di hari tua
5. Dana darurat


Tertarik untuk investasi emas? Berikut ini 3 cara cerdas untuk investasi emas:

1. Punya tujuan investasi

Dengan berinvestasi artinya menyimpan uang agar tidak terbelanjakan ke hal-hal yang bersifat konsumtif. Sebelum anda mulai berinvestasi emas, pastikan juga untuk mengetahui tujuan melakukan investasi, seperti untuk membeli rumah baru, biaya sekolah anak, membeli mobil, atau lain sebagainya.
 

2. Mulai membeli emas untuk investasi

sebelum investasi emas, tentukan dimana nih tempat untuk membeli emas. Beberapa pilihan sebagai tempat membeli emas dapat dilakukan di gerai antam, pegadaian, bank, toko emas maupun toko online.

Setelah itu, tetapkan juga target emas yang harus dicapai, misalnya berapa jumlah gram emas yang harus dikumpulkan. Jangan lupa juga, pahami sertifikat yang ada pada emas.

Jenis sertifikat ada 2 yakni certicard yang berarti sudah terlindungi dan terjamin keasliannya, dan ada pula sertifikat terpisah (emas retro).
" Kalau kita menyimpan uang kita artinya kita mengistirahatkan uang kita, tapi kalo kita menginvestasikan uang kita artinya kita membuat uang bekerja untuk kita "

 

3. Pantau perkembangan harga emas secara berkala

cara investasi emas yang berikutnya adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, tidaksulit loh untuk memantau perkembangan harga emas, karena banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya.

Kemudian ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas. Harga emas yang bagus dapat ditentukan berdasarkan:
- Harga beli yang rendah
- Harga jual yang tinggi
- Selisih harga jual beli yang rendah

Sahabat Bisnis Muda, jangan lupa untuk rencanakan target waktu dalam menyimpan emas agar bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian. Untuk mendapatkan nilai investasi yang tinggi, perlu kesabaran dalam melihat hasilnya.

Investasi emas akan lebih baik jika dilakukan dengan jangka panjang dalam kurun waktu 5-10 tahun mendatang. Selain itu, ada 2 hal yang perlu diketahui untuk mencegah nilai jual turun di antaranya sertifikat hilang/rusak dan penurunan kondisi emas tersebut.