Kompilasi Hal Menarik pada Olimpiade Tokyo 2020

Maskot Olimpiade Illustration Web Bisnis Muda - Image: Laman Resmi Olimpiade Tokyo 2020

Maskot Olimpiade Illustration Web Bisnis Muda - Image: Laman Resmi Olimpiade Tokyo 2020


Perhelatan Olimpiade 2020 sudah resmi bergulir. Pelaksanaan upacara pembukaan sudah berhasil di gelar pada Jumat, (24/07/21) di Olympic Stadium, Tokyo, Jepang.

Perhelatan ajang olahraga yang sangat bergengsi ini harusnya digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Namun, dikarenakan Pandemi Covid-19 yang mengaruskan Olimpiade terpaksa harus post – poned alias ditunda.

Dengan begitu, Olimpiade Tokyo 2020 menjadwal ulang perhelatannya menjadi tanggal 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Akan tetapi, dikarenakan kondisi perihal Covid-19 juga masih dijumpai mengharuskan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 ini terpaksa harus tanpa penonton. Tak sedikit juga, pelaksanaannya pun menuai pro-kontra dari penduduk Jepang sendiri.

Kontra datang dari sebagian penduduk Jepang yang memiliki konsen dan prioritas terkait kesehatan serta melindungi keselamatan untuk terhindar dari Covid-19.


Baca Juga: Olimpiade Jepang Cetak 16 Kasus Covid Baru!

Sebelum lebih jauh lagi berbicara tentang Olimpiade Tokyo 2020, berikut kompilasi terkait hal menarik lainnya:

Kompilasi Hal Menarik Olimpiade Tokyo 2020

  • Mengusung Konsep Eco – Friendly
    Olimpiade kali ini pun terbilang sangat eco – friendly atau ramah lingkungan. Hal tersebut terbukti dari hampir seluruh venue penyelengaraan memanfaatkan energi terbarukan.

    Tak sampai disitu, komponen lainnya seperti medali, podium dan seragam berbahan dasar bahan daur ulang mulai dari limbah elektronik hingga limbah kemasan plastik.
     
  • Tempat Tidur dari Kardus
    Sebagaimana para peserta nantinya akan mendapatkan tempat istirahat sebagaimana mestinya sebuah ajang olahraga. Namun, karena konsep yang diusung pada Olimpiade Tokyo 2020 ini eco – friendly yang berimbas kepada penggunaan tempat tidur yang terbuat dari kardus.

    Tetapi faktanya, ranjang yang terbuat dari kardus ini ialah ranjang pertama dan satu-satunya menggunakan material renewable karena nantinya dapat diolah menjadi sebuah produk baru.
     
  • Hengkangnya Presiden Olimpiade
    Yoshiro Mori (83) selaku Presiden Olimpiade Tokyo 2020 yang memiliki latar belakang sebagai seorang politikus dan Perdana Menteri (PM) Jepang yang ke – 85 dan 86 terpaksa harus mundur dari posisinya sebagai Presiden Olimpiade Tokyo 2020 karena mengeluarkan statement serta komentar yang bersifat seksis.

    Disalah satu statementnya menyebutkan bahwa “Perempuan Terlalu Banyak Omong” yang berimbas kepada banyak protes dari segala lini.
     
  • Cabang Olahraga Baru
    Pada perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 ini memiliki 6 cabang olahraga baru, lho! Cabang olahraga baru tersebut meliputi baseball, softball, karate, skateboard, panjat tebing, dan selancar.
     
  • Kurasi Maskot yang Dilakukan oleh Siswa Sekolah Dasar
    Olimpiade Tokyo 2020 ini pun memiliki 2 maskot yang fenomenal. Maskot itu bernama Miraitowa dan Someity. Miraitowa yang memiliki filosofi masa depan dan Someity yang diambil dari nama salah satu jenis bunga sakura.

    Namun di balik prosesi penentuan Maskot tersebut yang dikurasi oleh Siswa Sekolah Dasar di Jepang lewat voting setelah mendapatkan total suara 16.769 dari 205.755 suara keseluruhan.