Olimpiade Jepang Cetak 16 Kasus Covid Baru!

Olimpiade Illustration Bisnis Muda - Canva

Olimpiade Illustration Bisnis Muda - Canva


Olimpiade kali ini tetap berlangsung di Jepang, meski harus menghadapi pandemi Covid-19. Dikabarkan, Olimpiade di Jepang tahun ini pun telah mencetak 16 kasus Covid-19 lagi nih, Be-emers.

Dilansir Bloomberg, penyelenggara Olimpiade Jepang melaporkan enam belas kasus virus Covid-19, tiga di antaranya yakni para atlet. Padahal, Olimpiade diketahui berjalan tanpa adanya penonton dan di bawah pengawasan protokol kesehatan yang ketat lho.

Mereka yang dites positif Covid-19 juga termasuk kontraktor dan karyawan Tokyo 2020. Enam di antaranya merupakan penduduk Jepang.

Bertambahnya kasus positif Covid-19 di Olimpiade Jepang ini membuat ajang olahraga internasional tersebut kini telah mencetak 148 kasus positif Covid-19.

Baca Juga: Olimpiade 2021 Dimulai, Wanita Muda Indonesia Menangkan Medali Perunggu!
 

Respon Pemerintah dan Masyarakat terhadap Olimpiade di Tengah Pandemi

Bloomberg menyebutkan, pemerintah dan penyelenggara Olimpiade Jepang telah mencoba untuk mengatasi kegelisahan publik dengan berjanji untuk membuat mereka "aman dan terjamin."


Gubernur Tokyo Yuriko Koike dan Perdana Menteri Yoshihide Suga pun diketahui juga telah mengadakan pertemuan pada hari Minggu (25/7) untuk membahas situasi dan sepakat bahwa Olimpiade berjalan "sangat lancar.”

Di satu sisi, sebuah jajak pendapat yang diterbitkan oleh surat kabar Nikkei pada Senin (26/7), menemukan bahwa 37 persen responden mengatakan keputusan untuk mengadakan acara tanpa penonton itu tepat. Sementara itu, 31 persen responden justru mengatakan acara itu seharusnya ditunda lagi atau dibatalkan langsung.

Ternyata, banyak warga Jepang yang diketahui menentang penyelenggaraan pertandingan di tengah pandemi. Mereka merasa khawatir dengan kedatangan puluhan ribu atlet dan lainnya dari seluruh dunia seiring dengan pandemi Covid-19 yang belum usai.

Selain itu, sejumlah ahli juga gelisah tentang efek permainan pada penyebaran virus Covid-19. Soalnya, seperti yang kita ketahui, Covid-19 varian delta lebih menular dan bisa menjadi lebih dominan.

Adapun, dikutip Bloomberg, Juru bicara Komite Olimpiade Internasional Mark Adams mengatakan bahwa meskipun mustahil untuk membuat acara tersebut “tanpa risiko”, para peserta merupakan “orang-orang yang paling teruji di dunia.”

Hmm.. kamu termasuk yang setuju enggak nih dengan adanya Olimpiade di tengah pandemi Covid-19?