Ini Sejumlah Investasi yang Bikin Elon Musk Punya Kekayaan Lebih dari US$160 Miliar

Investasi Elon Musk Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Investasi Elon Musk Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Like

Elon Musk masih tercatat sebagai salah satu orang paling kaya di planet Bumi ini. Dengan kekayaan bersih lebih dari US$160 miliar, apa aja sih sebenarnya investasi yang dimiliki oleh Elon Musk?

Selama ini, Elon Musk dikenal sebagai pengusaha sukses di bidang teknologi. Mulai dari mobil listrik Tesla yang mendunia, hingga perusahaan pesawat luar angkasa SpaceX yang keren banget.

Di sisi lain, Elon Musk juga terkenal karena “obsesinya” terhadap aset kripto nih, Be-emers. Mulai dari Bitcoin, hingga Dogecoin, diketahui menjadi aset kripto jagoan Musk.

Bahkan, Musk juga melibatkan Bitcoin sebagai alat transaksi Tesla lho! Setiap cuitan Elon Musk di Twitter pun mampu menjadi sentimen yang bisa memicu pergerakan aset kripto di bursa.

Enggak hanya di aset kripto, dikutip dari Business Insider, sebenarnya terdapat sejumlah sumber investasi yang bikin kekayaan Elon Musk terus bertambah hingga lebih dari US$160 miliar nih, Be-emers!


Baca Juga: Benarkah Orang-Orang Terkaya di Amerika Menghindari Pajak Penghasilan?
 

Tesla dan SpaceX

Sudah bukan rahasia lagi kalau Elon Musk merupakan pendiri sekaligus bos dari Tesla. Eits, tapi Elon Musk juga sekaligus penguasa dari saham Tesla dan SpaceX nih.

Berdasarkan catatan Business Insider, Elon Musk punya 22,4 persen saham Tesla per 31 Desember 2020 lalu. Meski begitu, Musk dinilai masih bisa menerima lebih banyak miliaran saham Tesla berdasarkan perjanjian pembayarannya.

Dengan begitu, berdasarkan penilaian pasar Tesla sebesar $631 miliar per 21 Juli 2021, Elon Musk memperoleh valuasi sekitar US$141 miliar dari Tesla nih, Be-emers.

Sementara itu, kepemilikan saham Elon Musk di SpaceX diperkirakan mencapai 48 persen! Alhasil, valuasi yang diperoleh Musk dari SpaceX yakni sekitar US$35 miliar, berdasarkan penilaian putaran pendanaan terakhir SpaceX sebesar US$74 miliar.

 

Investasi Elon Musk Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Investasi Elon Musk Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

 

Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin

Sejak awal cuitan viralnya di Twitter pada 2020, Elon Musk sudah menunjukkan ketertarikannya pada Bitcoin. Enggak berhenti di situ, Elon Musk juga merambah aset kripto lain, yakni Ethereum dan Dogecoin nih.
 

"The bitcoin I own is worth much more than the ethereum or doge [that I own]," - Elon Musk (Business Insider)


Selama ini, Musk telah dikenal sebagai pendukung dogecoin dan sering men-tweet lelucon tentang cryptocurrency yang terinspirasi meme. Ia pun sampai dijuluki sebagai "the dogefather.”

Namun, belum diketahui nih, seberapa banyak kepemilikan Elon Musk terhadap Bitcoin, Dogecoin, dan Ethereum.

Baca Juga: Elon Musk Sebut Tesla Bakal Kembali Terima Transaksi Bitcoin!
 

Neuralink dan Boring Company

Menariknya nih, Business Insider menyebutkan kalau Elon Musk juga memiliki investasi di perusahaan lain lho!

Elon Musk diketahui punya saham di dua perusahaan swasta tahap awal. Perusahaan tersebut yakni Neuralink dan Boring Company.

Meski begitu, investasi tersebut ternyata punya nilai yang kecil dibandingkan dengan investasi Elon Musk yang lainnya.


Wah, kira-kira sumber investasi mana yang paling banyak memberikan cuan atau boncos ke Elon Musk ya?