Mengenal Perusahaan Emtek (EMTK) yang Baru Berkolaborasi dengan Grab

Kolaborasi Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Kolaborasi Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr


 
Berkolaborasi atau menjalin kemitraan strategis kini memang terbilang menjadi sebuah strategi tersendiri guna dapat bersaing ditengah pasar bisnis yang semakin kompetitif.

Kabar terbaru kini hadir dari Emtek (EMTK) yang baru-baru ini menjalin kerja sama dengan pihak Grab.

Dilansir dari Bisnis, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) digadang menjalin kerja sama dengan Grab dengan maksud tujuan untuk membentuk program akselerasi digital bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sebagai pemegang saham kedua, Emtek (EMTK) merasa bahwa kehadirannya dapat menjadi sinergi baru ditengah kerja sama yang lebih dahulu dijalin oleh PT Bukalapak.com (Bukalapak) dengan PT Grab Teknologi Indonesia (Grab) yang terbilang bisa bersaing dengan GoTo Group.

Bahkan kabar Emtek (EMTK) yang berkolaborasi dengan Grab diperkuat lagi dengan pihaknya yang sudah memberikan dana sebesar US$375 Juta atau setara Rp5.44 Triliun kepada pihak Grab.


Lewat Neneng Goenadi selaku Country Managing Director of Grab Indonesia bentuk realisasi dari kerja sama ini diawali dengan melibatkan sebanyak 1.000 UMKM dalam penyelenggarakan Festival Kota Mapan di Solo pada September 2021.

Itu adalah ringkasan terkait bentuk kerja sama yang dilakukan oleh Emtek (EMTK) dengan Grab. Kendati demikian, Be-emers, sendiri udah pada tau profil perusahaan dari Emtek (EMTK) beserta kinerja nya belum?

Baca Juga: Menilik Kolaborasi Emtek (EMTK) dengan Bukalapak dan Grab
 

Profil dan Kinerja Emtek (EMTK)

  • Profil Perusahaan
    PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) didirikan pada tahun 1983. Mulanya perusahaan ini bernama PT Elang Mahkota Komputer.

    Terletak di Jl. Asia Afrika Lot 19 atau lebih dikenal dengan Menara SCTV berdekatan dengan Senayan City yang terletak di jantung Ibu Kota.

    Grup Emtek merupakan kelompok perusahaan modern dan terintegrasi yang memiliki tiga divisi usaha utama meliputi Media, Telekomunikasi dan Solusi TI & Konektivitas.
     
  • Kinerja Perusahaan
    Terhitung listing date sejak 12 Januari 2010, Emtek (EMTK) yang dipimpin oleh Eddy Kusnadi Satriaatmadja selaku Komisaris Utama dengan total kepemilikan saham 22.960% menempatkan Emtek (EMTK) kepada kaidah yang sesuai dengan visi serta misi sehingga dapat bersinergi dengan baik pada sektor media, telekomunikasi dan solusi & konektivitas.

    Terbukti dari sektor media memiliki konglomerasi media mulai dari SCTV, SCM, Indosiar, O Channel, Vidio.com, KLY (Kapan Lagi Dot Com Networks), Samara, Screenplay Sinema Film (SSF), Screenplay Productions, Sinemart, Indonesia Entertainmen Studio (IES) hingga Indonesia Entertainmen Produksi (IEP).

    Lalu, pada sektor telekomunikasi berisikan Abhimata Citra Abadi, Sakalaguna Semesta, Tangara Mitrakom serta Indopay Merchant Services. Dan juga pada sektor konektivitas berisikan OMNI Hospitals, EMC, DANA, KMK Online, OShop, dan Bitnet.

    Diketahui juga dari RTI Business, hingga 31 Maret 2021, Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) mencatatkan pendapatan sebesar Rp3.13 triliun, total aset sebesar Rp27.58 triliun, dan Net Profit (laba bersih) sebesar Rp102,08 miliar.

    Selain itu, dilansir dari Bisnis, pada penutupan perdagangan Senin (26/7/2021), saham EMTK naik 1,56 persen atau 40 poin menjadi Rp2.620. Adapun, saham EMTK telah naik 87,14 persen secara year-to-date (Ytd).