Kematian Covid-19 Semakin Bertambah di Luar Jawa dan Bali! Termasuk Daerah Ini!

Jakarta, Kompas.com

Jakarta, Kompas.com

Like

Dilansir dari berita Indo Today, Kamis (29/7) kasus kematian Covid-19 semakin tinggi di luar provinsi Jawa dan Bali. Terdapat beberapa provinsi yang menyumbang hampir 100 orang setiap harinya yang meninggal karena covid-19. 

Berdasarkan data Kemenkes yang diolah oleh satgas Covid-19 pada Jumat (30/7), Lampung menjadi provinsi dengan tingkat kematian tertinggi karena Covid-19. Pada hari tersebut, sebanyak 92 orang yang meninggal karena terpapar Covid-19.

Jumlah ini menurun dibandingkan hari sebelumnya yaitu pada hari Rabu (28/7) yang mencapai 182 korban jiwa yang meninggal dunia.

Saat ini, di Lampung sebanyak 1.876 korban jiwa yang meninggal dunia akibat virus Covid-19. Menyusul Lampung, Kaltim juga menjadi provinsi yang mengalami kematian tertinggi akibat covid-19. Sebanyak 3.202 jiwa yang meninggal dunia di provinsi Kaltim.

Provinsi dengan jumlah kematian terbanyak ketiga setelah Jawa dan Bali ialah provinsi Sumsel. Pada hari itu, sebanyak 70 orang yang meninggal dunia karena paparan covid-19. Angka ini membuat korban jiwa bertambah menjadi 1.995 orang.


Provinsi selanjutnya ialah kepulauan Riau. Sebanyak 30 orang yang meninggal dunia akibat covid-19. Sehingga jumlah korban yanv meninggal di provinsi itu mencapai 1.080 orang.

Sebelumnya, Epidemiolog UNAIR Windhu Purnomo menyebut angka kematian Covid-19 bisa ditekan dengan memberlakukan lockdown Pulau Jawa dan Bali. Menurutnya, jika hanya dengan menambah kapasitas rumah sakit saja tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Windhu menilai keputusan Pemerintah menerapkan PPKM darurat terbukti tidak efektif dalam menekan angka kasus positif Covid-19. Seiring dengan laju penularan yang semakin bertambah, membuat tiap harinya melebihi angka 1000 kematian akibat virus Covid-19.