Bahaya! Ini Dampak Buruknya Mencuci Wajah Setiap Kali Mandi!

Jangan mencuci wajah tiap kali mandi (Sumber: sehatq.com)

Jangan mencuci wajah tiap kali mandi (Sumber: sehatq.com)

Like

Mencuci wajah saat mandi memang kerap dilakukan oleh setiap orang. Khususnya, pada kaum wanita yang ingin kulit wajahnya agar tetap bersih dan sehat. 

Akan tetapi, faktanya jika kerap melakukan kebiasaan itu akan berdampak masalah besar pada kulit wajah. 

Sebagaimana dilansir dari suara.com, bahwa wajah memiliki kulit yang sensitif dibandingkan dengan kulit tubuh. Kabarnya, saat mandi air dingin, sangat tidak dianjurkan untuk mendekatkan wajah dengan aliran pancuran air dingin. 

Berikut penjelasan berdasarkan kutipan dari Bright Side, efek mencuci wajah setiap kali mandi.

1. Memperburuk jerawat 
Mandi dengan air yang panas dapat membuat minyak pada kulit wajah menjadi berkurang sehingga dampaknya kulit akan tetap sehat dan terjaga. 


Akan tetapi, jika mencuci wajah dilakukan dengan sering justru akan memperburuk kulit wajah. 

2. Mengubah warna kulit 
Ternyata mencuci kulit wajah setiap kali mandi dapat membuat kulit menjadi berwarna kemerahan. Hal ini karena pembuluh darah di wajah melebar sehingga dapat merusak kapiler di pipi. 

3. Menyebabkan kerutan dini 
Mungkin kita pernah memperhatikan jari-jari tangan kita menjadi lebih keriput setelah mandi air panas, hal ini karena air panas dapat menghilangkan kelembaban dari kulit serta dapat merusak lapisan pelindung kulit yang mengunci kelembaban. 

Begitu pula dengan kulit wajah yang apabila mencucinya dengan air panas terlalu sering dapat menyebabkan kulit menjadi cepat menua. 

4. Kulit menjadi lebih sensitif 
Mencuci wajah terlalu sering juga dapat memicu kulit menjadi lebih mudah sensitif. Kulit yang sensitif juga cenderung mudah bermasalah pada kesehatan kulit wajah.

5. Kulit menjadi gatal 
Banyak orang yang merasa bahwa kulit wajahnya lebih gatal setelah usai mandi dengan durasi yang lama. Tetapi, hal ini mungkin akan berlangsung secara singkat. Berbeda ketika mandi dengan air panas, kulit wajah mungkin akan terasa lebih gatal dan mudah mengelupas.

Itulah efek apabila sering mencuci wajah tiap kali mandi. Apalagi, jika menggunakan air panas.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Minyak di Wajah? Ini Dia Alasannya!