Cara Menghilangkan Minyak di Wajah? Ini Dia Alasannya!

Cara menghilangkan minyak di wajah (Sumber: Preview.ph)

Cara menghilangkan minyak di wajah (Sumber: Preview.ph)

Like

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda beda, mulai dari kulit yang kering hingga kulit berminyak. Biasanya kulit wajah yang berminyak disebabkan karena produksi sebum yang berlebihan. 

Sebenarnya keberadaan sebum tersebut berfungsi untuk melindungi kulit serta menjaga kelembabannya. Namun kondisi kulit wajah yang terlalu mengkilap bisa menyebabkan seseorang kurang percaya diri. 

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini, tentu membutuhkan cara menghilangkan minyak di wajah. Berikut beberapa penyebab serta solusi untuk mengatasi kulit berminyak yang bisa diterapkan.


Mengintip Faktor yang Menjadi Penyebab Kulit Berminyak

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kulit seseorang menjadi berminyak. Pengetahuan mengenai penyebab wajah yang mengkilap sangat diperlukan untuk mendapatkan solusi yang tepat.


1. Faktor Genetik 

Salah satu hal yang menyebabkan wajah kamu berminyak adalah faktor genetik. Orang yang mengalami masalah wajah ini bisa saja, memiliki anggota keluarga dengan masalah yang sama yaitu kulit berminyak

Menurut Lifestyle Kompas, ketika orang tua memiliki kulit wajah yang berminyak, maka kemungkinan besar anaknya juga memiliki kulit wajah yang sama. Namun tenang saja, karena bukan berarti masalah satu ini tidak dapat dihilangkan.


Selain karena faktor genetik, usia juga bisa menjadi pemicu wajah yang berminyak. Umumnya para pemilik kulit wajah ini baru dialami oleh kalangan remaja yang mulai memasuki masa pubertas.


2. Pubertas 

Berdasarkan sebuah penelitian, produksi sebum memang semakin meningkat ketika seseorang mula memasuki masa pubertas. Maka dari itu, cara menghilangkan minyak di wajah banyak dicari oleh kalangan remaja.

Hal ini bisa dilihat dimana pada kalangan yang mulai memasuki usia lanjut, maka kulit wajahnya mulai mengalami penuaan. Jadi keuntungan memiliki kulit wajah berminyak, yaitu kamu akan mengalami tanda penuaan yang lebih sedikit.


3. Perubahan Hormon 

Faktor lain yang menjadi penyebab kulit wajah berminyak adalah pori pori besar. Terdapat beberapa hal yang menjadi pemicu masalah ini diantaranya perubahan berat badan, perubahan usia serta kesalahan memilih produk kecantikan.


Tips Mengatasi Masalah Wajah Berminyak

Bagi kamu yang mengalami masalah kulit wajah berminyak, terdapat beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Salah satunya dengan membersihkan wajah dengan menggunakan produk pembersih wajah yang tepat.

Cara menghilangkan minyak di wajah ini cukup efektif, mengingat salah satu penyebab wajah mengkilap yaitu pori pori yang membesar. Sebagaimana diketahui pemicu pori pori besar bisa dikarenakan sisa kotoran yang masih menempel di wajah.

Dengan membersihkan wajah setiap hari, maka kulit wajah kamu akan terbebas dari sisa keringat maupun polusi. Sebaiknya kamu rutin menerapkannya selesai melakukan aktivitas maupun sebelum tidur.


1. Sunscreen 

Mengatasi kulit wajah berminyak juga bisa dilakukan dengan mengoleskan tabir surya sebelum kamu melakukan kegiatan di bawah terik matahari. Tabir surya akan melindungi wajah kamu dari sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit.


2. Kertas Minyak 

Untuk menghilangkan minyak pada wajah secara instan, kamu bisa membawa kertas minyak saat sedang bepergian. Kertas minyak tersebut berfungsi untuk menyerap produksi sebum yang berlebihan di wajah.


3. Masker Lemon 

Seger seger perih, ini cocok banget buat kamu yang mau punya wajah cerah sekaligus minyak yang terkontrol. Saat tidur malam, potong saja, peras airnya, dan oleskan pada wajahmu. Rutin 1 minggu, ini terbukti bisa mengecilkan pori dan membuat wajah lebih cerah.


4. Masker Tomat 

Kalau lemon kelihatannya perih, coba gunakan tomat. Biasanya perihnya tidak terlalu terasa, tapi ada baiknya untuk kamu coba! Basuh wajahmu terlebih dulu, lalu potong tomat, dan oleskan pada wajah Anda secara menyeluruh. Diamkan 15 menit saja, lalu cuci wajah dengan air dingin. Alhasil, muka kusammu bisa lebih cerah!


5. Masker Dead Sea Mud 

Sudah pernah coba? Masker ini memang agak sedikit perih jika digunakan. Namun, memang ampuh untuk hilangkan jerawat, komedo, hingga wajah berminyak. Wajah kamu juga bisa semakin cerah.  


6. Pelembab wajah 

kamu juga bisa menggunakan pelembab sebagai salah satu cara menghilangkan minyak di wajah. Mengingat penyebab wajah yang berminyak bisa juga karena kondisi kulit yang membutuhkan kelembaban.

Kulit wajah yang berminyak termasuk masalah yang cukup serius jika tidak segera ditangani. Pasalnya, wajah dengan sebum yang terlalu banyak bisa menyebabkan munculnya masalah baru seperti jerawat.

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, maka kulit wajah yang terlalu mengkilap bisa kamu atasi dengan mudah. Namun langkah tersebut juga perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Selain itu, kamu juga perlu menghindari beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan produksi minyak berlebih. Beberapa diantaranya yaitu konsumsi makanan cepat saji dan produk turunan susu. 

Gimana? Semoga bermanfaat untuk kamu yang punya masalah pada wajah berminyak, ya! 

Baca juga: Mengobati Asam Lambung (GERD) Tiba-tiba? Ini Caranya!