Ajang MotoGP beserta Sisi Lainnya

MotoGP Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

MotoGP Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Mungkin nama Valentino Rossi belakangan menjadi pusat perhatian kembali, tepatnya sepekan lalu. Pasalnya, namanya sangat erat dengan ajang MotoGP yang sangat bergengsi itu.

Hal yang membuat Valentino Rossi menjadi menjadi pusat perhatian ialah perihal kabarnya yang memutuskan untuk pensiun. Diketahui, tepat pada Kamis (05/07/2021) Valentino Rossi telah resmi dan yakin akan keputusannya untuk pensiun tersebut lewat Konferensi Pers Jelang GP Styria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Singkatnya, alasan dari Valentino Rossi yang dengan berat hati memutuskan untuk pensiun ialah karena faktor usia yang mempengaruhi pada performanya.

Selain itu, diketahui juga alasan lainnya ialah mengalami kendala terkait adaptasi dengan motor terbarunya yang dirancang oleh VR46.

Keputusan yang dituturkan oleh “The Doctor” atau julukan dari Valentino Rosi ini dilakukan ketika ajang MotoGP itu sendiri sedang bergulir. Adapun MotoGP 2021 ini diselenggarakan di Styria, Austria. Ajang MotoGP sendiri ini memiliki histori dan hal menarik lainnya disepanjang perjalanannya.


Nah, simak lebih lanjut terkait sisi histori dan sisi menarik dari MotoGP!

Baca Juga: Jadi Sorotan Publik, Seperti Ini Sosok Calon Pewaris KFC Indonesia Sean Gelael
 

Histori dan Sisi Menarik dari Ajang MotoGP

  • Sejarah Keberadaan MotoGP
    Jauh sebelum nama MotoGP, tepat pada 1949 ajang balap ini lahir. Mulanya, Federation International de Motorcyclisme atau FIM menciptakan ajang balap motor pad 1949 dengan kelas mulai dari 50cc hingga 500cc.

    Namun, ketika tahun 1970 ada sedikit regulasi yang berbeda. Yang mulanya banyak menggunakan mesin berkapasitas 2 silinder, tepat pada tahun 1970 ini mulai bermunculan kapasitas mesin dengan 3 silinder dengan maksimal sebesar 500cc.

    Lalu, tepat pada tahun 2000 ada perubahan kembali untuk regulasinya yang mana mesin 2 tak sudah tidak diikutsertakan pada ajang balap ini. Tepat pada tahun 2002 hingga saat ini produsen motor sudah diperbolehkan untuk memperbesar silinder dan kapasitas mesin menjadi 1000cc.
     
  • MotoGP pernah diselenggarakan di Indonesia
    Ajang Grand Prix Motor ini rupanya pernah diselenggarakan di Indonesia lho! Selain Mandalika, tepatnya pada tahun 1996 – 1997 ajang Grand Prix Motor ini pun pernah terselenggara di Sirkuit Sentul, Bogor.

    Diketahui pada saat itu terdapat beberapa kelas perlombaan mulai dari 125cc, 250cc dan 500cc. Pada saat itu, Valentino Rossi pun ikut berpartisipasi pada ajang balap di Indonesia ini dengan menunggangi motor pada kelas 125cc.
     
  • Teknologi Canggih pada MotoGP
    Ketatnya ajang Grand Prix ini memang membuat banyak pembalap terbilang harus semaksimal mungkin dalam memanfaatkan strategi agar tetap berada didalam lintasan.

    Dengan begitu, ini semua harus dilakukan karena MotoGP mempunyai fitur untuk mendeteksi Track Limit atau dapat mengetahui apakah pembalap berada dilintasan atau tidak karena ada rekaman virtual yang mulai diperkenalkan sejak tahun 2019.
     
  • Terdapat Airbag pada Wearpack yang Dikenakan oleh Pembalap MotoGP
    Wearpack atau pakaian yang dikenakan oleh pembalap ternyata ada airbag atau kantong udaranya lho!

    Tak heran, wearpack yang biasanya terbuat dari kulit kangguru itu memiliki airbag agar menunjang keselamatan karena tak dapat dipungkiri MotoGP merupakan salah satu motor dengan kecepatan sangat tinggi bahkan bisa tembus hingga 350 kpj.