Pensiun dari MotoGP, Ini Sumber Kekayaan Valentino Rossi

Valentino Rossi Pensiun dan Sumber Kekayaannya Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Valentino Rossi Pensiun dan Sumber Kekayaannya Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Valentino Rossi telah menjadi legenda dari perhelatan balap motor kelas dunia MotoGP. Seiring dengan kabar pensiun Valentino Rossi, dari mana saja sih sebenarnya sumber kekayaannya?

Lahir di Italia pada 16 Februari 1979, Rossi sudah memulai karirnya di sirkuit sejak puluhan tahun lalu. Tepatnya di tahun 1993, dilansir dari eurosport.com, Valentino Rossi mendapat kesempatan pertama untuk mengendarai sepeda motor 125cc oleh mantan juara dunia Paolo Pileri.

Sejak saat itu, karir Rossi sebagai pembalap di sirkuit terus berkembang hingga menempati urutan pertama sepanjang masa di MotoGP dengan 79 kemenangan! Bahkan, kini Rossi pun sudah dianggap sebagai salah satu pembalap motor terbesar sepanjang masa, dengan sembilan Grand Prix World Champion!

Enggak hanya itu, pembalap dengan bike number “46” ini juga merupakan salah satu atlet paling tajir di dunia lho! Berdasarkan data Forbes, Valentino Rossi sempat menjadi atlet dengan bayaran termahal di dunia pada tahun 2013!

Hingga Agustus 2021, dilansir dari Wealthy Persons dan Celebrity Net Worth, kekayaan Valentino Rossi diestimasi mencapai US$150 juta hingga US$200 juta lho! Nah, berikut sumber kekayaan Valentino Rossi yang perlu kamu ketahui nih, Be-emers.


Baca Juga: Yuk, Intip Track Record Sang Legenda Valentino Rossi!
 

Dari Balapan MotoGP dan Endorsement

Petronas Yamaha SRT menjadi tim terakhir Valentino Rossi sebelum pensiun sebagai atlet balap motor. Menariknya nih, Rossi sudah sejak lama lho ada di tim Yamaha.

Tepatnya, Rossi bergabung dengan tim Yamaha di tahun 2004 hingga 2010. Ia pun bergabung lagi dengan Yamaha di tahun 2013 hingga pensiun, usai bergabung dengan tim Ducati.

Saat kembali menjadi keluarga Yamaha di tahun 2013, Forbes memang mencatat Rossi sebagai atlet dengan bayaran termahal di dunia. Berdasarkan catatan Forbes, dari ajang balapan tersebut, Rossi mendapat bayaran sebesar US$12 juta!

Seperti halnya atlet kelas dunia lainnya, Rossi juga menerima endorsement nih. Forbes mencatat, sekali endorsement, Rossi bisa menerima bayaran hingga mencapai US$10 juta lho.

 

Valentino Rossi Pensiun dan Sumber Kekayaannya Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Valentino Rossi Pensiun dan Sumber Kekayaannya Illustration Web Bisnis Muda
- Image: Wikimedia



Baca Juga: Ajang MotoGP beserta Sisi Lainnya
 

Bisnis Valentino Rossi

Menjadi seorang atlet, tentunya juga harus siap dengan masa pensiun. Valentino Rossi pun menyiapkan hal itu dengan mendirikan sejumlah bisnis, yang tentunya menjadi pemasukan selain dari gajinya sebagai atlet MotoGP.

Valentino Rossi, dilansir dari laman RedBull, memiliki bisnis merchandise bernama VR46 Apparel. Dengan brand tersebut, Rossi menjual merchandise asli miliknya untuk para fans, mulia dari orang dewasa hingga anak-anak lho.

Merchandise yang dijual antara lain t-shirt, hoodie, topi, jaket, gantungan kunci, hingga tas. Harganya pun bervariasi, jika dirupiahkan, harga t-shirt yang dijual berkisar dari Rp125 ribu hingga Rp220 ribuan dan untuk jaket berkisar hingga Rp400 ribuan.

Adapun, Valentino Rossi juga melatih pembalap muda lho! Sebagai pelatih, dilansir dari RedBull, ia telah sukses mencetak pembalap-pembalap muda seperti Romano Fenati, Nicolò Bulega, Andrea Migno, Dennis Foggia, Celestino Vietti, Francesco Bagnaia dan Marco Bezzecchi.

Nah, ada lagi sumber kekayaan Valentino Rossi yang kamu ketahui?