Menulis Itu Mudah, Semua Orang Bisa Menulis!

Menulis itu mudah! (Sumber gambar: hellosehat.com)

Menulis itu mudah! (Sumber gambar: hellosehat.com)

Like

Dilansir dari djkn.kemenkeu.go.id, menulis artikel saat ini semakin semarak dengan isi tulisannya yang menarik dan judul yang tak kalah provokatif. Tentu hal ini menarik pengunjung untuk mengklik dan membacanya.

Dapat kita lihat, bahwa penulis pada beberapa artikel yang kita baca, mereka kebanyakan jauh dari kalangan pendidikan. Artinya, mereka adalah masyarakat umum yang memulai kebiasaannya dengan menulis. 

Dari sini, dapat kita simpulkan, bahwa semua orang itu bisa menulis. Tidak memandang itu dari kalangan usia muda atau tua, kalangan pejabat atau bukan, semua berhak untuk menyuarakan suara dan kemampuannya dengan kegiatan menulis.

Adapun bagi siapa yang ingin menulis artikel di laman portal DJKN, berikut tips untuk menjadi pertimbangan dalam menulis:

Tentukan Temanya
Langkah awal yang dilakukan dalam menulis artikel ialah dengan menentukan tema atau topik dari tulisan. Setelah itu, pikirkan apakah tema telag sesuai dengan media yang akan dituju?


Intinya, tema itu cukup sederhana tapi mengena dan up to date.

Buat Kerangka Tulisannya
Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya ialah membuat kerangka tulisan. Tema yang sudah ditetapkan kemudian dikembangkan dan dijabarkan lagi.

Tujuannya adalah tidak lain agar tulisan tersusun rapi dalam mengembangkan tema tersebut. Selain itu, agar tulisan tidak loncat-loncat dari suatu pembahasan ke pembahasan lain, serta memudahkan penulis untuk fokus dalam alur penulisannya.

Gunakan Bahasa yang Pas
Tulisan yang baik adalah tulisan yang dibaca oleh kalangan manapun. Maka penting untuk mengatur pola bahasa tulisan yang ingin disampaikan.

Akan tetapi, berbeda ketika tulisan kita sasarkan pada pembaca di kalangan pendidik atau pemerintah, tentu penggunaan bahasanya ialah bahasa yang formal serta hindarkan penggunaan bahasa gaul.

Cari Referensi yang Dibutuhkan
Sumber referensi adalah hal pokok dalam menulis. Tanpa sumber yang jelas, tentu pembaca akan ragu membacanya.

Maka dari itu, sebelum menulis, siapkan tema yang berasal dari sumber referensi yang jelas atau terpercaya. Sehingga, tulisan kita tidak hanya sekedar terpublish dan terbaca saja, tetapi juga memberikan kebermanfaatan bagi yang membaca dan mengimplementasikannya.

Segera Menulis
Jika hal-hal di atas sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya ialah untuk menyegerakan menulis. Jika kita menunda-nunda tanpa perihal yang jelas, tema dan kerangka tulisan yang sudah disiapkan akan sia-sia.

Sebab, menulis termasuk pekerjaan yang mudah tapi membosankan bagi yang tidak terbiasa. Maka penting untuk segera menulis jika dirasa semua bahan tulisan sudah disiapkan.

Semoga bermanfaat dan yuk, mulai menulis dari sekarang! :)