Bill Gates Sempat Tergeser dari Posisi Orang Terkaya Keempat di Dunia, Kenapa Ya?

Bill Gates Illustration Web Bisnis Muda - Image: Pinterest

Bill Gates Illustration Web Bisnis Muda - Image: Pinterest

Like

Senin (9/8) lalu, Forbes menyebutkan kalau Bill Gates sempat bergeser dari posisinya sebagai orang terkaya keempat di dunia lho! Kok bisa?

Rupanya, berdasarkan catatan Forbes, hal itu terjadi setelah adanya transfer saham ke pihak Melinda French, mantan istri Bill Gates. Forbes mencatat, kekayaan Melinda French kini diestimasi mencapai US$5,6 miliar setelah adanya transfer saham dari Bill Gates.

Memang, saat ini, mantan pasangan suami-istri tersebut sedang dalam proses pembagian aset mereka setelah proses perceraiannya selesai minggu lalu. Namun, di satu sisi, transfer tersebut rupanya cukup membuat Bill Gates kehilangan posisi sebagai orang terkaya keempat di dunia.

Saat transfer saham, kekayaan Bill Gates tercatat 0,5 persen lebih sedikit dari kekayaan CEO Facebook Mark Zuckerberg. Diketahui, saat transfer saham tersebut, kekayaan Gates tercatat sebesar US$129,6 miliar.

Melinda French tercatat mendapatkan transfer saham dari Cascade Investment LLC sebanyak US$2,4 miliar saham. Adapun pada Mei 2021 lalu, enggak lama usai pengumuman perceraian, Bill Gates telah terlebih dulu mentransfer saham senilai $3,2 miliar ke Melinda.


Enggak hanya itu, Forbes juga mencatat kalau Melinda menerima 3,3 juta saham AutoNation senilai hingga US$392 juta. Kini, Melinda pun diketahui 8,8 persen dari ritel mobil yang berbasis di Florida itu.

Baca Juga: Melinda Ann French Dapat Miliaran Dolar dari Saham Cascade, Perusahaan Investasi Bill Gates

Sebenarnya, hingga saat ini, belum jelas berapa banyak cuan yang akan didapat Melinda. Bahkan, besar kemungkinan bahwa Melinda French juga bakal menerima aset tambahan dari Bill Gates, seperti saham di perusahaan swasta atau real estat, yang enggak memerlukan laporan terbuka untuk publik.

Meski penuh daratan dari publik atas kasus perceraiannya, Bill dan Melinda telah berjanji untuk tetap menjadi ketua bersama Gates Foundation.

Namun, yayasan yang mereka dirikan sejak tahun 2000 itu justru mengumumkan bulan Juli lalu bahwa Melinda bakal mengundurkan diri dalam dua tahun jika ternyata dia dan Bill enggak bisa bekerja sama lagi sama sekali.

Adapun, berdasarkan data Forbes Real Time Billionaires, Bill Gates telah berhasil kembali ke posisi keempat sebagai orang paling tajir di dunia nih. Namun, pada Selasa (10/8), kekayaan Bill Gates justru terpantau turun 0,009 persen atau berkurang US$122 juta, menjadi US$132 miliar.

Baca Juga: Ini Total Saham yang Sebenarnya Bakal Dibagi Bill Gates ke Melinda French