Jarang Ada yang Tahu, Ini Manfaat Menulis untuk Kesehatan

Manfaat menulis untuk kesehatan (Sumber gambar: ilovelife.co.id)

Manfaat menulis untuk kesehatan (Sumber gambar: ilovelife.co.id)

Like

Siapa sangka, menulis tidak hanya sekedar mengembangkan bakat dan kreativitas saja. Menulis juga memberikan banyak manfaat termasuk untuk kesehatan.

Mungkin sebagian orang ada yang tahu kalau menulis bisa memberikan kesehatan secara mental. Akan tetapi masih banyak yang tidak mengetahuinya.

Hal ini dilansir dari yoursay.suara.com, para ahli telah melakukan penelitian bahwa menulis dapat menyembuhkan luka stress atau bahkan trauma. Berikut beberapa manfaat dari menulis untuk kesehatan:

Menuangkan Perasaan
Tidak semua orang dapat mengungkapkan atau menyampaikan apa yang ia rasakan secara lisan. Maka dengan menulis ini adalah cara atau langkah seseorang yang ingin meluapkan emosi dalam dirinya agar diketahui oleh orang lain.

Dan metode ini cukup efektif sebagai metode katarsis atau mengosongkan perasaan yang sedang negatif. 


Dengan tersampaikannya perasaan/luapan emosinya melalui tulisan, itu akan sedikit membantu kesehatannya secara mental.

Meredakan Stres
Menulis juga ampuh dalam meredakan stres yang ada pada diri kita. Kita bisa meluapkan rasa marah, sedih, kecewa dan perasaan lainnya melalui sebuah tulisan. 

Dengan menulis, Anda akan merasa jauh lebih baik dan tenang dari perasaan yang sebelumnya.

Memperbaiki Suasana Hati
Bagi kalian yang mood-nya mudah berubah secara tiba-tiba, coba atasi dengan cara menulis. Kenali diri kalian dengan menulis. Mulai untuk mencoba mengerti apa yang kalian inginkan, lalu tulislah. Lakukan apa yang kalian inginkan dalam tulisan itu.

Dengan begitu, kalian bisa memahami hal apa yang mudah atau sering mengganggu mood kalian. Secara, kalian akan bisa jauh lebih baik dalam mengontrol dan membangun kembali mood yang baik.

Memecahkan Masalah
Menulis tentu membutuhkan suatu cara dan sebagainya yang dapat memecahkan persoalan. Dengan menulis, otak kanan dan kiri akan membantu membuka sisi intuisi dan kreatif Anda.

Tentu, Anda akan menjadi pribadi yang aktif dan lebih mahir dalam memecahkan masalah melalui solusi yang inovatif.

Meningkatkan Daya Ingat
Menulis memang dapat menurunkan atau mengatasi penyakit stres. Dengan menulis, kalian dapat mengatur dan mengelola tingkat stres kalian.

Menulis juga bisa dilakukan dimana saja. Saran saya, siapkan satu media apapun yang dapat membuat tulisan Anda terdokumentasi dengan baik.

Gimana? Masih ragu untuk menulis?

Baca Juga: Teknik Mudah dalam Menulis