Sudah Tahu Belum? Ini Fakta Manfaat dari Makan Tempe

Manfaat tempe (Sumber gambar: kompas.com)

Manfaat tempe (Sumber gambar: kompas.com)

Like

Tempe sudah tidak asing lagi kita dengar di telinga kita. Makanan yang tidak hanya enak ini juga memiliki banyak manfaatnya.

Berikut dilansir dari sehatyuks.id, manfaat dari mengonsumsi tempe:


Sehat untuk bayi dan Anda yang sedang diet 
Dengan kandungan sejumlah nutrisi pada tempe, tempe sangat baik dikonsumsi sebagai makanan pendamping Asi (MPASI). Tidak hanya bagi vegan dan vegetarian. Tempe juga cocok untuk dikonsumsi bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan.

Sebagai sumber protein yang lebih kaya dibandingkan daging 


Dapat dilihat bahwa kandungan protein pada tempe ternyata setara dengan kandungan dalam daging, malah tempe lebih banyak mengandung protein. 

Kandungan nutrisi pada tempe kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan dengan kedelai. Karena kadar proteinnya yang larut dalam air akan mengakibatkan aktivitas enzim proteolitik meningkat. Sehingga enzim tersebut memecah menjadi zat yang mudab dicerna oleh tubuh.

Sumber kalsium 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penelitidari Kuala Lumpur, Malaysia, mengemukakan bahwa ada hal yang menakjubkan dari tempe. Hasil menyatakan bahwa kalsium yang ada pada 4 potong tempe setara dengan kalsium yang terkandung dalam susu sapi.

Sumber vitamin B12 dari nabati 
Tempe juga mengandung 0,0017 mg vitamin B12 pada sumber nabati. Kandungan ini sangat baik untuk seseorang setiap harinya. 

Sekarang para vegetarian tidak lagi khawatir untuk kekurangan vitamin B12 yang mengakibatkan badan menjadi mudah lemas, pusing dan lain-lain.

Selain itu, tempe juga kaya akan antioksidan lho. Wah, banyak sekali ya manfaat dari mengonsumsi tempe. Yuk, amalkan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dari sekarang :)

Baca Juga: Tempe Tahu Langka, Ini Alternatif Sumber Protein Sehat untuk Kamu