Ternyata Ini Perubahan Luar Biasa Tanaman Akibat Siraman Air Bekas Rebusan Mie Instan

Manfaat air bekas rebusan mie untuk tanaman (Sumber gambar: klikdkokter.com)

Manfaat air bekas rebusan mie untuk tanaman (Sumber gambar: klikdkokter.com)

Like

Sering kita jumpai bahwa setelah merebus mie instan, air bekas rebusan selalu dibuang begitu saja. 

Padahal jika diketahui ternyata air bekas rebusan mie instan memiliki banyak manfaat. Dilansir dari grid.id, air rebusan mie instan bermanfaat untuk tanaman. 

Sebagaimana hal ini juga diungkapkan oleh Danielle Nierenberg, President organisasi nirlaba Food Tank menyarankan bahwa untuk tidak langsung membuang air bekas rebusan mie instan.

Ketika memasak mie dengan air mendidih, banyak pati dari mie instan yang larut dalam air. Selain itu, juga ada mineral dan vitamin yang ikut terlarut saat mie direbus. 

Kandungan yang larut inilah yang membuat air bekas rebusan mie menjadi berubah berwarna kuning. Sebab, tanaman menyukai pati dan nutrisi tersebut, maka air bekas rebusan mie instan ini sangat berguna untuk tanaman.


Hal ini juga dibenarkan oleh Ahli Pembibitan East River, South Dakota, bahwa air bekas rebusan mie instan ini bisa digunakan untuk menyiram tanaman apa saja baik di taman atau pun di pot. 

Akan tetapi, hal ini juga berarti Anda tidak perlu untuk melakukan pemupukan tanaman dengan pupuk kimia, karena akan mempengaruhi kesuburan pada tanah.

Hal ini juga berlaku untuk air yang telah digunakan untuk merebus telur, kentang dan sayuran. Air bekas rebusan tersebut sangat ramah lingkungan serta memberikan kandungan nutrisi tambahan bagi tumbuhan atau tanaman. 

Ada hal penting yang harus dicatat bahwa air rebusan tersebut tanpa kandungan bahan kimia seperti garam atau bumbu.

Baca Juga: Hidup Anak Kost Tanpa Mie Instan, Memang Bisa? Ini Alternatifnya Biar Hemat