Alasan Badan Pesawat Berwarna Putih, Kenapa Ya?

Pesawat terbang (Sumber gambar : Bisniscom)

Pesawat terbang (Sumber gambar : Bisniscom)

Like

Salah satu transportasi publik yang dapat mempersingkat jarak dan waktu untuk cepat sampai tujuan adalah pesawat. Pada 3 Agustus 2021 lalu nih, publik dihebohkan dengan warna baru pesawat Kepresidenan Republik Indonesia yang berganti warna dari biru menjadi merah.Tapi gak full merah ya Be-emers, ada warna putihnya juga. Salah satu faktor pengecatan ulang pesawat tersebut yaitu untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Tapi, kalian pernah memperhatikan dan bertanya-tanya gak nih, kenapa kalau badan pesawat itu di dominasi oleh warna putih?. Ternyata ada alasannya nih Be-emers. Yuk simak empat alasan badan pesawat di dominasi warna putih :

Pertama, Tidak Luntur
Ketika pesawat terbang berada di udara, ada berbagai kondisi atmosfet yang dilewatinya. Hal tersebut dapat menyebabkan warna di badan pesawat cepat memudar seiring berjalannya waktu. Untuk itu, pemilihan warna putih di badan pesawat akan meminimalisir pemudaran cat akibat terbang di udara.

Kedua, Memantulkan Matahari
Warna putih dipilih karena dapat memantulkan cahaya matahari. Dengan menggunakan warna putih, dapat menghindari badan pesawat menjadi panas yang dapat menyebabkan kerusakan pesawat melalui radiasi sinar matahari, baik saat di udara maupun di landasan pacu.


Ketiga, Tanda – Tanda Kerusakan Pesawat Mudah Terlihat/Terdeteksi
Mempermudah teknisi atau mekanik melihat kerusakan pada pesawat. Seperti penyok atau retak, terkena tumpahan minyak, dan cacat pada badan pesawat. Untuk itu warna putih dipilih untuk mempermudah deteksi kerusakan pada pesawat.

Keempat, Mengurangi Serangan Burung
Penggunaan eksterior warna putih dapat meningkatkan visibilitas pesawat dan berpotensi meningkatkan deteksi, serta penghindaraan dari burung-burung liar. Karena, kerap kali ditemukan terjadi tabrakan antara pesawat dan burung di udara maupun di landasan pacu.