Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak dengan Cara yang Mudah dan Murah

Menjaga kekebalan tubuh anak dengan cara mudah dan murah (Sumber gambar: parenting.co.id)

Menjaga kekebalan tubuh anak dengan cara mudah dan murah (Sumber gambar: parenting.co.id)

Like

Di masa pandemi Covid-19, beberapa anak pasti memerlukan banyak nutrisi agar sistem kekebalan tubuhnya tetap terjaga. Nutrisi sangat berperan penting dalam meningkatkan perkembangan anak. 

Gizi yang buruk dapat mengakibatkan kesehatan yang buruk, perkembangan kognitif yang rendah, peningkatan prevalensi penyakit, serta pencapaian pendidikan yang tertunda dan rendah.

Sepanjang tahun ini, sudah banyak anak yang terkena gejala pilek karena beberapa penyebab. Salah satunya adalah kekurangan nutrisi. 

Dilansir dari republika.co.id, ahli diet spesialis Mapholi menawarkan tips nutrisi yang berkelanjutan dan terjangkau untuk menjaga kekebalan tubuh pada anak-anak di masa pandemi:

Pilih Minuman yang Sehat 
Anak-anak tentu lebih menyukai minuman yang berasa atau manis yang tinggi gula. 


Ingatlah bahwa anak-anak mungkin tidak melaporkan bahwa mereka haus, tetapi mungkin mereka mudah mengalami dehidrasi terutama di musim dingin. 

Maka sebagai orang tua, memperhatikan minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak adalah sangat penting.

Pertahankan Asupan Sayur dan Buah 
Sayuran dan buah adalah nutrisi yang harus diberikan oleh anak. Membeli, menyimpan, dan memasak sayuran segar ini menjadi tantangan di masa pandemi. 

Akan tetapi, pastikan anak-anak untuk tetap mendapatkan banyak sayur dan buah dalam makanan mereka. 

Biji-bijian Utuh 
Tidak hanya usia dewasa hingga lanjut usia, yang diharuskan untuk mengonsumsi biji-bijian utuh. Namun, anak-anak juga harus tetap mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian guna memenuhi kebutuhan serat pangan.

Siapkan Stok Cemilan yang Sehat 
Anak-anak cenderung aktif dalam melakukan kegiatan bermainnya, sehingga mereka sering merasa lapar di antara waktu makan, tetapi cobalah untuk menghindari dari makanan asin atau manis. 

Lebih baik Anda bisa pilih keju, yoghurt, kacang, buah cincang atau kering, telur rebus, dan masih banyak cemilan pilihan sehat yang lainnya.

Perlu diingat juga untuk tidak memberikan makanan yang diproses tinggi seperti makanan siap saji dan cemilan kemasan yang mengandung lemak jenuh dan kadar garam yang tinggi.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Baca! Begini Pola Asuh Orang Tua yang Berdampak pada Kesuksesan Anak