Yuk, Kenali Money Trap dan Cara Mencegahnya

(Sumber gambar: Image by Tumisu from Pixabay)

(Sumber gambar: Image by Tumisu from Pixabay)

Like

Apa itu money trap?

Money trap adalah jebakan uang yang dapat menyebabkan kita berperilaku konsumtif. Salah satunya seperti Credit Card (CC) yang berpotensi menjadi money trap di saat kebutuhan sudah melebihi batas finansial kamu. Penyebabnya yaitu karena lifestyle yang melebihi batas kemampuan keuanganmu, misalnya membeli setiap barang yang up to date atau membeli gadget mehong hanya karena gengsi semata.

Sebenarnya, jika apa yang kamu beli sesuai dengan kemampuan kamu it doesn't matter, karena dari awal bank sudah menetapkan limit CC sesuai dari gaji atau pendapatan  bulanan kamu. Jadi, selama menggunakan CC sesuai fungsi dan kemampuan batas pembayaran kamu setiap bulannya, kamu nggak perlu khawatir akan money trap dari CC ini.
 

Terus gimana kalau kamu sudah terjebak money trap karena pemakaian credit card?

Kalau tagihan sudah membengkak dan menunggak, sebaiknya reset financial management kamu. Bisa dengan memisahkan antara pemasukan dengan pengeluaran, fokuskan 50?ri penghasilan kamu untuk membayar cicilan.

Jika masih belum cukup bisa kamu naikkan persentasinya, karena walau gimana pun kamu tetap harus memprioritaskan CC bills kamu. Tahan dulu keinginan dan minimalisir kebutuhanmu, supaya interest ataupun denda tidak semakin membengkak. Selesaikan sesegera mungkin dan jangan masuk ke lubang yang sama untuk kedua kalinya.
 

Gimana cara mencegah money trap?

Pisahin mana yang mau ditabung, memenuhi kebutuhan dan keinginan terlebih dahulu. Buat list yang masuk kategori kebutuhan kamu, misalnya membayar cicilan motor, cicilan rumah, tagihan bulanan, belanja dan biaya transportasi.

Hitung dengan teliti jumlah total semua kebutuhan kamu, lalu sisanya bisa kamu gunakan untuk tabungan dan memenuhi keinginan misalnya membeli motor, gadget, barang branded atau pun travelling, karena keinginan itu dapat menjadi self reward. Selama kamu bisa manage keinginan sesuai kapasitasmu, keuangan kamu akan aman dan hidup pun lebih tenang dan nyaman.