Ada 3 Tipe Investor Berdasarkan Risk Profile

Image by Gino Crescoli from Pixabay

Image by Gino Crescoli from Pixabay

Like

Terdapat 3 tipe investor yaitu konservatif (cenderung main aman saja), moderat (toleransi sedikit resiko), atau agresif (toleransi risiko cukup tinggi).

Konservatif
Ini merupakan tipe dimana investor cendrung main aman. Tentunya, tipe ini hanya mendapatkan return yang tidak begitu tinggi tapi ya diseimbangi juga dengan resiko yang minim.

Paling tidak, investor ini mendapat return sedikit diatas inflasi tahunan. Biasanya ini investasi yang paling cocok untuk jangka pendek misal dibawah 2 tahun. Instrumen yang cocok untuk tipe ini yaitu deposito dan reksadana pasar uang.

Moderat
Kalau moderat ini adalah tipe yang menoleransi sedikit resiko. Tentunya, return yang didapatkan bisa lebih dari yang konservatif tapi pastinya resikonya juga sedikit lebih tinggi ya dari si konservatif.


Tipe ini biasanya cocok bagi yang mempunyai financial goal rentang 2-3 tahun. Instrumen yang paling cocok untuk tipe ini adalah obligasi, sukuk dan reksadana pendapatan tetap.

Agresif
Agresif ini memiliki toleransi risiko yang cenderung tinggi dimana bisa menerima fluktuasi pasar yang cukup tinggi demi mencapai return yang tinggi pula.

Investasi ini cocok untuk jangka panjang misalnya 5 tahun keatas. Instrumen yang cocok untuk tipe ini yaitu reksadana saham dan saham.

Nah, gimana nih Be-emers, termasuk tipe manakah kamu?

Baca Juga: Sebelum Mulai Investasi, Kenali Dulu Yuk Profil Risiko Kamu