Disorot Jokowi, Ini Fakta Menarik Industri Porang di Indonesia

Porang sebagai Komoditas Illustration Web Bisnis Muda  - Image: Google

Porang sebagai Komoditas Illustration Web Bisnis Muda - Image: Google

Like

Kamu pernah dengar tentang tanaman porang? Belakangan, porang hangat diperbincangkan seiring dengan potensi industrinya yang dinilai bisa berkembang pesat dan mendapat sorotan dari Presiden Jokowi.

Diketahui dari laman Bisnis, Presiden Joko Widodo mengunjungi pabrik pengolahan porang di kawasan Jawa Timur pada Kamis (19/8). Dari kunjungannya itu, Jokowi menilai bahwa komoditas porang sangat menjanjikan.

Terlebih, pasar untuk komoditas porang sangat luas dan dinilai bisa menjadi masa depan makanan pokok selain nasi.

Sekedar info, Jokowi menyebutkan kalau porang mengandung kalori yang rendah dan bebas gula sehingga bisa menjadi alternatif makanan sehat di masa depan lho!

Lalu, apa saja fakta menarik lainnya seputar industri porang di Indonesia?


Baca Juga: Mengenal Porang, Sumber Daya Indonesia yang Dilirik China
 

Porang Masuk Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks)

Mungkin, selama ini batu bara dan CPO menjadi komoditas paling utama yang memperkuat ekspor Indonesia. Namun, tanaman porang juga enggak ketinggalan lho!

Buktinya, data Kementerian Pertanian RI menyebutkan kalau nilai ekspor porang di tahun 2020 telah mencapai Rp923,6 miliar! Alhasil, porang pun menjadi komoditas yang masuk dalam program tiga kali lipat ekspor (Gratieks).

Porang telah diekspor ke sejumlah negara, terutama di kawasan Asia seperti China, Thailand, Taiwan, Vietnam, hingga Jepang. Untuk pasar ekspor, porang yang dikirim umumnya sudah diolah menjadi bentuk tepung atau keripik.

 

Porang sebagai Komoditas Illustration Web Bisnis Muda - Image: Google

Porang sebagai Komoditas Illustration Web Bisnis Muda - Image: Google


KUR untuk Petani Porang

Dinilai sebagai komoditas yang potensial, pengelolaan dan pertanian porang pun enggak luput dari perhatian. Salah satunya yakni dengan penyaluran kredit bagi para petani porang.

Dilansir dari laman Bisnis, BNI misalnya, diketahui tengah memacu penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di sektor pertanian yang mencakup petani porang. Enggak hanya itu, bank dengan kode saham BBNI itu juga menjadikan porang sebagai salah satu klaster unggulan dengan orientasi global.

Adapun, hingga Juli 2021, pihak BNI diketahui telah menyalurkan KUR di sektor pertanian yakni sebesar Rp5,1 triliun untuk lebih dari 116 ribu penerima.

Akankah porang bisa menjadi komoditas nomor satu yang membangkitkan ekonomi Indonesia?

Porang, Komoditas, Komoditas Porang, Ekspor, Ekspor Porang, Potensi Porang, KUR, BNI, Petani, Pertanian, Jokowi,