Cara Merencanakan Keuangan dengan Cerdas

Image by Bruno /Germany from Pixabay

Image by Bruno /Germany from Pixabay

Like

Selain memenuhi kebutuhan, tentu tiap orang juga ingin memenuhi keinginannya. Akan tetapi, kebanyakan orang terkadang tidak menyadari bahwa pengeluaran dia selama sebulan itu sudah melebihi income mereka.

Dengan adanya sifat itu, sebagian orang kesulitan dalam mencapai finansial goalnya. Seharusnya, jika ingin memenuhi finansial goal tentulah mengutamakan tabungan yang kemudian di investasikan untuk mempermudah kita dalam merealisasikan financial goal.

Hal yang kamu butuhkan yaitu financial planning, agar bisa menghemat pengeluaranmu dan hidup minimalis.

Dengan menyesuaikan kemampuan atau income dan mengurangi budget montly yang tidak terlalu dibutuhkan, ini bukan berarti memaksa kamu untuk tidak bersosialisasi dan sama sekali tidak memenuhi lifestyle. Yang paling utama yaitu kemampuanmu dalam mengatur finansial planning.


Merencanakan Keuangan dengan Cerdas


Bagaimana cara merencanakan keuangan agar dapat hidup minimalis dan bisa berinvestasi secara rutin?


Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan di Era Inflasi, Aman!


1. Buat Anggaran


Dengan membuat anggaran maka itu akan menunjukkan ke kamu kemana uang kamu akan digunakan. Itulah mengapa sangat penting dalam membuat ini, karena ini juga akan menjadi satpam dalam mengatur keuanganmu.

Akan lebih baik jika kamu membagi pengeluaranmu dengan mententukan pos-pos setiap pengeluaran berdasarkan tingkat prioritas dan memisahkan uangnya.

Saat ini sudah banyak platform, khususnya bank digital yang dapat membantu untuk membuat setiap pos-pos pengeluaran mu tanpa harus mempunyai banyak bank.


2. Tentukan Prioritas


Dalam perencanaan keuangan wajib bagi kamu untuk menentukan suatu tingkat prioritas dengan membaginya menjadi 3 kategori yaitu kebutuhan, keinginan dan hasrat.


3. Kebutuhan


Kebutuhan merupakan suatu hal yang tidak bisa ditunda contohnya sandang, pangan dan papan. Lalu, juga bisa memberikan suatu hal yang buruk jika tidak dilakukan seperti, pengeluran rutin, zakat, tabungan dana darurat dan cicilan utang.

Baca Juga: Ini Cara Stabilkan Kondisi Keuangan dengan Mengelola Utang!


4. Keinginan


Keinginan merupakan suatu hal yang kita inginkan akan tetapi itu bisa ditunda atau boleh dipenuhi ketika kebutuhan sudah tercukupi. Contohnya seperti fashion, rumah, motor, mobil, traveling, dll


5. Hasrat


Hasrat merupakan keinginan yang sangat besar dan tentunya untuk kebanyakan orang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam memenuhinya. Contohnya membeli mobil sport, rumah mewah, motor sport, traveling ke luar negeri, dll.


6. Tentukan Financial Goal


Tentunya tiap orang pasti memiliki yang namanya financial goal. Lalu, jadikanlah itu sebagai motivasi kamu dan teruslah konsisten dalam menyisihkan dana untuk ditabung dan diinvestasi.

Kemudian, jangan lupa menghitung kapan target itu harus dicapai dan berapa dana yang dibutuhan demi bisa mencapai financial goal tersebut.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.