Ini Alasan Memilih Reksa Dana sebagai Opsi dalam Berinvestasi

Reksa Dana Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Reksa Dana Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Memang tidak dapat dipungkiri serta harus diberikan apresiasi terhadap generasi muda yang kini sudah mulai sadar akan pentingnya berinvestasi.

Keselarasan kesadaran generasi muda akan pentingnya berinvestasi didasari juga karena generasi muda kini terbilang sudah mengerti bahwa income atau harta tidak boleh diam ditempat karena nanti akan terkena inflasi dikemudian hari.

Oleh karena itu, generasi muda kini sudah mulai gencar untuk mengulik serta mencari berbagai macam opsi untuk berinvestasi yang aman dan prospektif.

Baca Juga: Tips Cara Memilih Manager Investasi Terbaik

Mungkin sebagian Be-emers sudah memilih reksa dana sebagai opsi dalam berinvestasi di usia muda. Akan tetapi, Be-emers sendiri sudah mengetahui kenapa Reksa Dana banyak dipilih sebagai opsi untuk berinvestasi pada Generasi Muda belum?


Investasi Aman serta Prospektif untuk Generasi Muda

Seperti diketahui, reksa dana ialah sebuah alternatif bagi pemodal dengan skala kecil yang dikelola oleh Manajer Investasi (MI), baik dalam menentukan instrumen saham terbaik untuk dibeli.


Hal itu dilakukan agar menimalisir resiko atas investasi yang sangat cocok ditujukan untuk investor awam yang masih minim akan knowledge dalam berinvestasi.

Perihal reksa dana ini juga tertuang didalam Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995, pasal 1 ayat (27) yang berisikan tentang definisi reksa dana yang merujuk kepada wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.
 

Mengapa Reksa Dana Terbilang Aman?

Reksa dana terbilang merupakan salah satu opsi investasi yang terbilang aman. Sebab, segala aktivitas investasi pada pasar modal terutama pada pemilihan instrumen saham-saham yang baik untuk dibeli sudah diarahkan oleh Manajer Investasi (MI) agar meminimalisir kesalahan dalam pembelian saham.

Menentukan dan memilih saham yang baik pun merupakan pekerjaan yang sangat rumit dan memerlukan jam terbang yang tinggi. Sehingga, sangat riskan jika dilakukan oleh investor awam.


Mengapa Reksa Dana Terbilang Prospektif?

Reksa dana dikatakan prospektif, terkhusus untuk generasi muda atau investor awam. Sebeb, jenis investasi ini terbilang tidak memerlukan modal yang besar.

Selain itu, investor tidak perlu repot untuk memantau kinerja dari investasinya karena sudah ditangani oleh Manajer Investasi (MI) sambil sedikit demi sedikit sang investor atau generasi muda tersebut melakukan digging atau penggalian knowledge dalam berinvestasi.

Jadi, sambil melakukan digging atau penggalian knowledge perihal berinvestasi dan seiring menambah jam terbang, sedikit demi sedikit juga merasakan hasil manis dari keuntungan dalam berinvestasi di pasar modal yang sudah dilakukan di reksa dana tersebut.

Selain itu, Manajer Investasi (MI) juga akan semaksimal mungkin dalam mengalokasikan saham yang sudah dibeli agar dapat menuai prospek yang bagus untuk jangka waktu kedepan.

Sehingga, ketika sudah memiliki knowledge yang cukup dalam berinvestasi serta jam terbang yang tinggi, generasi muda ini sudah bisa memilih opsi lain dalam berinvestasi seperti deposito, emas, properti, saham hingga Peer to Peer Lending agar menimalisir terdampak inflasi dan tentunya biar lebih cuan dikemudian hari.

Baca Juga: Instrumen Investasi untuk Kamu yang Masih di Bangku Sekolah atau Kuliah