Reksa Dana Saham Terus Tertekan, Ini Penyebab dan Tips Sebelum Memilih

Like

Tips Pilih Reksa Dana Saham Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Tips Pilih Reksa Dana Saham Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva


Tips Sebelum Memilih Reksa Dana Saham

Meski banyak sentimen yang menekan kinerja, memilih reksa dana saham bukanlah hal yang keliru juga kok, Be-emers. Disebutkan OJK di laman resminya, reksa dana saham ini cocok juga untuk investasi jangka panjang, misalnya minimal 5 tahun ke depan.

Nah, lalu, apa yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih reksa dana saham?
 

1. Jangan Gampang Panik

Sentimen terkait tapering off menang cukup berdampak pada kinerja bursa dan reksa dana saham tentunya. Meski begitu, investor baiknya jangan khawatir dan gampang panik dengan berbagai isu, termasuk tapering off.

Untuk sentimen terkait tapering off misalnya, diketahui Gubernur Bank Indonesia sebenarnya telah melakukan antisipasi sejak Februari 2021. Selain itu, cadangan devisa pun diperkuat agar pergerakan nilai tukar rupiah enggak terlalu melemah saat investor asing mulai tarik dana.

Sementara itu, dikutip dari Harian Bisnis Indonesia, Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana justru menyarankan agar investor lebih fokus ke sentimen domestik saja.


Baca Juga: Pilah-Pilih Reksa Dana di Tengah Pandemi, Ini Tips Investasinya
 

2. Sesuaikan Tujuan Investasi dan Perhatikan Kinerja Reksa Dana Saham

Nah, biar enggak gampang panik juga, kamu sebagai investor juga perlu lho untuk memperhatikan tujuan investasi dan kinerja reksa dana saham.

Seperti yang dikatakan OJK, reksa dana saham ini bisa dijadikan aset investasi dengan jangka waktu yang cukup lama. Misalnya dengan jangka waktu 5-10 tahun, atau bahkan untuk persiapan pensiun lho!

Makanya, kamu harus mempersiapkan tujuan investasi kamu terlebih dahulu. Sehingga, kamu bisa dengan tenang saat berinvestasi sesuai dengan tujuan, tanpa perlu terganggu dengan sentimen yang ada.

Meski begitu, kamu juga tetap harus memperhatikan kinerja reksa dana saham itu sendiri nih, Be-emers. Walau reksa dana memungkikan manajer investasi untuk lebih mengelola aset kamu, dilansir dari laman Bisnis, peringkat dan konsistensi kinerja produk reksa dana saham juga perlu diperhatikan.

Untuk kamu yang baru akan memilih produk reksa dana saham, kamu bisa nih melihat peringkatnya berdasarkan Morningstar Rating. Adapun, peringkat yang dikenakan yakni dari bintang (skala) 1-5.

Jadi, gimana dengan portofolio reksa dana kamu?