Nggak Hanya Jadi Alat Investasi, Intip Fakta Menarik dan Unik Tentang Emas!

Gold Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Gold Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Kalau kamu mendengar kata emas, pasti yang pertama terlintas di otakmu adalah perhiasan dan investasi, benar nggak, Be-emers?

Nah, emas adalah salah satu logam yang lebih dikenal karena pengaruhnya yang signifikan terhadap perjalanan sejarah manusia dan pengaruhnya yang besar juga terhadap pembentukan budaya dan ilmu pengetahuan.

Karena bentuk fisiknya yang berkilau, logam ini telah digunakan untuk membuat lebih dari sekedar perhiasan, namun, banyak orang yang belum tau lho bahwa banyak fakta menarik dan unik lainnya tentang emas.

Apa aja ya? Yuk kita bahas bersama, Be-emers!
 

Simbol Au dalam Tabel Periodik

“Au” berasal dari bahasa Latin “aurum” yang berarti ‘kuning’, yang juga berasal dari kata ‘aurora’ yang memiliki arti ‘fajar’. Kata gold atau emas berasal dari bahasa Inggris Kuno “geolu”, yang berarti kuning.
 

Bentuk Emas

Dalam bentuknya yang paling murni, emas berwarna kuning cerah dan sedikit kemerahan. Emas juga merupakan salah satu logam terpadat lho yang bisa menjadi konduktor panas dan listrik yang baik. Selain itu, emas juga merupakan logam yang paling mudah ditempa.
 

Logam Mulia

Emas merupakan unsur yang relatif langka lho, Be-emers. Namun, lokasi penemuan emas tersebar juga di setiap benua di bumi, yang seringkali ditemukan dalam bentuk biji-bijian di bebatuan dan endapan alluvial.


Karena kelangkaannya dan nilainya yang tinggi, diperkirakan 80 persen emas di dunia masih tertimbun di dalam tanah, lho. Sekitar 50 persen emas yang sudah ditambang berasal dari satu tempat saja, yaitu Witwatersrand di Afrika Selatan.
 

Karat

Kalau Be-emers belum tau, Karat adalah pengukuran rasio emas dengan logam atau paduan lainnya. Karat diukur pada skala dari 0 hingga 24. Semakin tinggi nilainya, maka semakin banyak kandungan emasnya dan semakin sedikit pula kandungan logam lainnya.

Emas yang memiliki kandungan 24 karat akan meleleh pada suhu 1063°C atau setara dengan 1945 °F.
 

Logam Paling Menarik

Karena visualnya yang cantik dan tidak menimbulkan korosi, emas menjadi salah satu logam pertama yang menarik perhatian manusia. Pengerjaan emas yang rumit sudah dimulai sejak zaman Mesir Kuno, Minoa, Asyur, dan Arturia.

Hingga kini, emas terus menjadi bahan yang sangat diminati dan disukai untuk membuat perhiasan dan juga benda-benda dekoratif lainnya.
 

Sering Dikaitkan dengan Dewa dan Raja

Dalam bahasa Aztec, emas disebut teocuitlatl, yang berarti ‘kotoran para dewa’. Untuk suku Inca dan penduduk wilayah Andes di Amerika Serikat, emas adalah ‘keringat dari matahari’ dan paling suci dari semua dewa.
 

Dekorasi Kuno

Hieroglif Mesir dari awal 2600 SM menggambarkan emas, yang diklaim oleh Raja Tushratta dari Mittani bahwa jumlahnya lebih banyak dibandingkan debu di Mesir.

Topeng Tutankhamun merupakan topeng kematian yang dibuat dari emas, yang berasal dari Dinasti ke-18 Firaun Tutankhamun Mesir Kuno. Topeng tersebut ditemukan oleh Howard Carter tahun 1925 di makam KV62 yang ada di The Valley of the Kings.
 

Tutankhamun Mask Illustration Web Bisnis Muda - The Great Courses Daily

Tutankhamun Mask Illustration Web Bisnis Muda - The Great Courses Daily


Topeng Tutankhamun kini disimpan di Museum Mesir di Kairo, yang kini menjadi salah satu karya seni paling terkenal di dunia.

Nugget Emas?

Yup, benar Be-emers, emas juga ada yang berbentuk seperti nugget, lho! Kalau kamu pernah nonton film Barbie The Princess and The Pauper, pasti kamu pernah liat kan bongkahan emas yang ada di tambang kerajaan. Nah, bentuknya seperti itu, Be-emers.
 

Gold Nugget Illustration Web Bisnis Muda - GoldRushNuggets

Gold Nugget Illustration Web Bisnis Muda - GoldRushNuggets


Nugget emas terbesar yang pernah ditemukan, The Welcome Stranger Nugget, memiliki berat 71 kilogram senilai US$4 juta. Sebelum nugget ini dileburkan, replika yang mirip juga telah dibuat serta diabadikan melalui lukisan dan foto.

Medali dan Koin Emas

Terakhir kali medali emas Olimpiade dibuat dari emas murni adalah pada Olimpiade musim panas yang diadakan di Stockholm, Swedia, pada tahun 1912. Saat ini, medali emas Olimpiade hanya mengandung sekitar 1,34 persen emas, sedangkan sisanya terdiri dari perak murni.

Selain itu, koin legal tender paling berharga di dunia adalah koin senilai US$1 juta yang berasal dari Australia. Karena beratnya 1.000 kg dan merupakan emas murni 99,99 persen, nilainya hampir US$45 juta, lho!

Masih banyak lagi lho fakta menarik tentang emas lainnya! Kira-kira, kita bikin part 2 nya nggak nih, Be-emers?